Daftar Jalan Tol yang Siap Diresmikan September Ini, Termasuk 1 Seksi Jalan Tol Padang – Pekanbaru

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Jalan Tol Padang – Pekanbaru Seksi 6 Pekanbaru – Bangkinang telah rampung dan siap dioperasikan. Namun, sejauh ini jalan tol yang akan menghubungkan ibu kota Sumatra Barat (Sumbar) dan Riau tersebut belum diresmikan.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, ada 6 ruas jalan tol baru sepanjang 87 km telah rampung dikerjakan, dan siap beroperasi pada September 2022 ini. Sementara itu, 16 ruas jalan tol lagi, sepanjang 332 km ditargetkan bisa selesai tahun 2022 ini juga.

“Di bulan September saja kita ada 6 yang sudah siap. Artinya itu sudah dilakukan uji laik fungsi. Nanti tergantung Pak Presiden apakah akan diresmikan atau enggak,” kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, pekan lalu.

Ruas jalan tol yang siap diresmikan tersebut adalah, pertama Jalan Tol Cibitung – Cilincing Seksi 2-3 (Telagaasih – Tarumajaya) yang dikelola PT Cibitung Tanjung Priok Tollways atau CTP. Jalan tol ini akan melengkapi total panjang Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang beroperasi menjadi sepanjang 27 km.

Pada Juli 2021, Jalan Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 ruas Simpang Susun (SS) Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 km sudah resmi dioperasikan. Pengerjaan tinggal menyisakan Seksi 4 ruas Tarumajaya – Cilincing (7,52 km) untuk melengkapi keseluruhan Jalan Tol Cibitung – Cilincing sepanjang 34,77 km.

Selanjutnya, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31 km. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Padang – Pekanbaru sepanjang 254,8 km. Jalan Tol Padang – Pekanbaru sendiri terdiri dari 6 Seksi.

Sebanyak 3 seksi ditarget selesai sebelum tahun 2024, salah satunya Seksi 6 Pekanbaru – Bangkinang yang telah rampung. Dua seksi lagi yakni, Seksi 5 Bangkinang – Pangkalan (25 km) dan Seksi 1 Padang – Sicincin (36 km), ditarget rampung tahun 2023 dan 2024.

Sedangkan Seksi 2 Sicincin – Bukittinggi (38 km), Seksi 3 Bukittinggi – Payakumbuh (34 km) dan Seksi 4 Payakumbuh – Pangkalan (58 km) akan dibangun setelah tahun 2024.

Jalan tol kedua yang siap diresmikan bulan ini adalah Jalan Tol Becakayu (Bekasi – Cawang – Kampung Melayu) off ramp Jatiwaringin sepanjang 3,3 km. Lalu proyek Jalan Tol Serpong – Balaraja (Serbaraja) tahap pertama sepanjang 5 km hingga ke Gerbang Tol (GT) BSD Timur.

“Sistemnya itu sudah selesai sebagian. Itu sudah selesai, nanti keluarnya di BSD Timur, samping persis AEON dan ICE BSD,” lanjut Endra.

Lalu, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yakni Tol Taba Penanjung – Bengkulu sepanjang 16,7 km. Itu merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu yang total panjangnya mencapai 96 km.

Dan terakhir, Jalan Tol Becakayu Seksi 2a Jakasampurna – Margajaya sepanjang 4,12 km, yang selesai lebih cepat dari target sebelumnya pada akhir 2022 mendatang.

Baca juga: Begini Perbandingan Kondisi Berkendara sebelum dan setelah Adanya Jalan Tol Trans Sumatra

“Itu totalnya (6 ruas tol) 87 km di bulan September. Kalau overall di 2022 ini tambahannya 332 km sampai Desember 2022,” ungkap Endra. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist