Berita

Daftar 30 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kedokteran Terbaik, Ada Unand dan UNP

×

Daftar 30 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kedokteran Terbaik, Ada Unand dan UNP

Sebarkan artikel ini
Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) di kampus Unand, Limau Manis, Kota Padang. [Foto: Dok. FK Unand]

Padang, Padangkita.com – Peluang lulusan SMA dan sederajat untuk masuk jurusan kedokteran perguruan tinggi negeri (PTN), makin terbuka. Ini menyusul penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (FK-UNP).

Sebelumnya, hanya Universitas Andalas (Unand) satu-satunya PTN yang punya Fakultas Kedokteran di Sumatra Barat (Sumbar). Ini pun menjadi tujuan dari lulusan banyak SMA di luar Sumbar. Sehingga peluang untuk lulus di Kedokteran Unand memang sangat sulit.

Diketahui, kedokteran di Indonesia memang menjadi jurusan pertama terbanyak dipilih oleh lulusan SMA dan sederajat. Ini tak lepas dari ‘terangnya’ masa depan lulusan kedokteran dibanding jurusan-jurusan lain.

Gambar gedung Fakultas Kedokteran UNP yang tengah dibangun di Bukittinggi. [Foto: Dok. Humas UNP]
Nah, dua PTN di Sumbar, yakni Unand dan UNP ternyata juga masuk daftar kampus terbaik dengan Program Studi (Prodi) Kedokteran. Meskipun diketahui, UNP sendiri baru perdana menerima mahasiswa baru kedokteran tahun 2023 ini.

EduRank, lembaga pemeringkat kampus yang bermarkas di Amerika Serikat (AS), membuat daftar universitas atau perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan Kedokteran terbaik.

Penilaiannya, berdasarkan jumlah publikasi sitasi dan makalah akademik. Berikut 30 perguruan tinggi dengan program studi Kedokteran terbaik di Indonesia tahun 2023:

1. Universitas Indonesia (UI)

– Peringkat global: 624.

– Peringkat Asia: 153.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

– Peringkat global: 864.

– Peringkat Asia: 245.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

– Peringkat global: 246.

– Peringkat Asia: 865.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

– Peringkat global: 1.052.

– Peringkat Asia: 308.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

– Peringkat global: 1.181.

– Peringkat Asia: 364.