Cuaca Ekstrem, Perangkat Daerah Diminta Lebih Siaga dan Sigap, Wabup Rudi: Jangan Sampai Masyarakat Mengeluh

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Wabup Pessel instruksikan sejumlah perangkat daerah bersiaga dan sigap dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem

Painan, Padangkita.com – Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah menginstruksikan sejumlah perangkat daerah bersiaga dan sigap dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

Selain itu, Rudi juga memerintahkan seluruh camat dan wali nagari untuk aktif membantu masyarakat yang membutuhkan, sekaligus melaporkan bencana yang terjadi di wilayahnya.

Dia meminta, masyarakat jangan sampai mengeluh akibat keterlambatan pihak terkait dalam memberikan pertolongan kepada yang terdampak bencana. Untuk itu dia juga meminta stakeholder unsur pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat mengeluh akibat keterlambatan kita dalam bertindak ketika wilayah kita dilanda bencana. Kemudian segera laporkan jika terjadi bencana di wilayah kerja masing-masing,” tegas Rudi, Senin (5/4/2021).

Kata Rudi, tiga hari terakhir, daerah Pessel sering dilanda hujan disertai angin kencang. Kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrem juga perlu ditingkatkan. Hal ini tentunya untuk meminimalisasi terjadinya risiko bencana.

Sejumlah perangkat daerah yang diminta untuk lebih siaga itu, di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pengelolaan Sumber Daya dan Air (PSDA) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P3A).

Tak hanya itu, Rudi meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pessel mempersiapkan semua data dan administrasi terkait Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Baca Juga: Akibat Hujan dan Angin Kencang, Masyarakat Pessel Sulit Dapat Ikan Laut, Memasak Nasi Pun Terganggu

“Keterbukaan informasi publik sangat penting dalam rangka menciptakan pemerintah yang bersih. Oleh karena itu, seluruh perangkat daerah harus meningkatkan keterbukaan informasi publik tersebut,” tuturnya. [pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist