Ciptakan Labor Praktik Wirausaha, Unitas Padang Kerjasama dengan Sahabat Alam

Penulis: Rio Irawan

Padang, Padangkita.com – Mewujudkan Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang sebagai kampus Asean Entrepreneural University, Rektor Unitas Sepris Yonaldi terus membuka jalinan kerjasama dengan berbagai pihak. Yang terbaru, Unitas menandatangani perjanjian kerjasama dengan Sahabat Alam, sebuah lembaga yang fokus pada kewirausahaan sosial.

Penandatanganan tersebut dilakukan usai acara workshop kewirausahaan sosial dengan pemateri dari Kimia Farma dan Sahabat Alam dengan 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Unitas, di Haryono Room Unitas Padang, Selasa (18/2/2020).

Rektor Unitas Padang, Sepris Yonaldi mengatakan, kerjasama ini nanti akan menyediakan labor praktik wirausaha sosial bagi mahasiswa dan para dosen Unitas.

Dengan adanya kegiatan ini akan memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa sebagai seorang wirausahawan.

“Kegiatan ini nanti akan menyediakan lulusan yang memiliki ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan kerja. Yang terpenting setelah tamat menjadi sarjana S-1 mereka akan berorientasi menjadi jobcreator,” ujar Sepris kepada padangkita.com, Rabu (19/2/2020).

Menurut Sepris, pihaknya terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Unitas sebagai kampus Asean Entrepreneural University.

“Kita akan jalin kerjasama dengan pemerintah, swasta, lembaga bisnis, lembaga nirlaba dan perguruan tinggi baik nasional maupun internasional. Ini merupakan agenda utama yang akan dikerjakan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Sepris memaparkan, visi misi Unitas Padang merupakan bentuk respon terhadap kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tentang kampus merdeka dan merdeka belajar.

Dimana ini merupakan bentuk komitmen untuk mencetak pemimpin masa depan, serta bentuk implementasi visi-misi Presiden Joko Widodo, yaitu menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Sebelumnya, Unitas Padang juga menjalin kerjasama dengan Perkasa Group di bidang pengembangan industri peternakan dan pertanian dalam rangka mewujudkan Unitas sebagai kampus entrepreneural. Ini disepakati setelah Rektor Unitas Sepris Yonaldi diskusi bersama Chairman Perkasa Group Audy Joinaldy, Rabu (12/2/2020).

Sebagai tahap awal aplikasi kerjasama ini, direcanakan dalam minggu kedua Maret 2020 akan dilakukan seminar dengan tema menyiapkan intelektual muda yang memiliki visi jobcreator dalam menyiapkan Indonesia maju dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. (pk-04)


Baca berita Unitas Padang terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler