Cerita Pemuda Air Bangis Berbagi Sedekah Makanan untuk Jemaah Salat Jumat

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Pengurus Masjid Taqwa dan Pemuda Jorong Kampung Padang, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas berbagi makanan dengan jemaah usai pelaksanaan salat Jumat, (23/10/2020).

Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan oleh para pemuda di jorong tersebut. Sebelum khatib naik mimbar, terlebih dahulu pengurus masjid mengumumkan ada sedekah makanan yang akan dibagikan setelah selesai salat.

Baca Juga

Salah seorang pemuda yang menjadi penggerak kegiatan ini, Bangrul menjelaskan, makanan yang mereka bagikan secara gratis itu berupa roti, buah, air mineral dan bubur.

Pada Jumat sebelumnya yang mereka bagikan berupa roti, buah dan air mineral sebanyak 300 paket, lalu Jumat berikutnya 350 paket, dan hari ini sebanyak 600 paket.

“Kali ini ada yang unik, yaitu ada sedekah dari masyarakat berupa 300 porsi bubur, diberikan kepada pemuda dan kami bagikan kepada jemaah,” katanya melalui telepon selulernya kepada Padangkita.com, Jumat (23/10/2020) sore.

Bangrul menambahkan, mereka para pemuda membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin bersedekah makanan ataupun uang untuk nantinya akan disalurkan pada Jumat depan.

“Bagi yang mau bersedekah bisa dititipkan kepada kami pada hari Kamis depan. Untuk jumlahnya tidak ada patokan, berapapun yang diberikan kami akan terima,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan yang mereka jalankan ini telah menyentuh pemuda lainnya untuk ikut dalam kegiatan berbagi tersebut. Hari ini komunitas Studentlead bekerja sama dengan Pemuda Peduli Nagari juga mengadakan program Jumat Berbagi makanan untuk jemaah di Masjid Raya Air Bangis.

“Ada sebanyak 230 paket makanan yang terdiri dari buah, roti, dan air mineral telah mereka salurkan,” ucapnya Bangrul.

Dijelaskan dana awal kegiatan ini mulanya hanya bersumber dari donasi pemuda dan teman-temannya yang mereka ajak untuk bersedekah berupa uang.

“Sedekah makanan ini baru pertama kali kami terima. Sebelumnya kami dihubungi dan disampaikan bahwa akan ada sedekah makanan berupa bubur,” terangnya.

Diakui Bangrul, awalnya kegiatan ini diadopsi dari salah satu program serupa yang mereka lihat di media sosial dan didukung oleh komunitas etalase sedekah yang berada di Kota Padang.

“Inisiator pertama kegiatan sedekah makanan ini adalah pemuda kampung Padang Utara, yakni saudara Roky, Heldi, dan Amad,” ungkapnya.

Baca juga: Urus SIM dan SKCK di Polres Pasbar Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Ia mengatakan tujuan lain dari program ini adalah menyadarkan masyarakat untuk setiap waktu semangat berbagi. Jadi bukan hanya pada bulan-bulan tertentu seperti Ramadhan atau bersedekah hanya kepada orang-orang tertentu (dhuafa fakir, atau yatim) saja.

“Sedekah kepada jemaah yang rajin ke masjid itu luar biasa dan juga bernilai pahala,” lanjutnya. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler