Cerita Mencekam Penumpang Soal Pesawat Batik Air Jakarta-Padang yang Putar Balik

Padang, Padangkita.com – Pesawat Batik Air rute Jakarta-Padang terpaksa kembali ke Jakarta setelah take off sekitar pukul 16.00 WIB karena mengalami gangguan teknis.

Pesawat dengan nomor penerbangan ID 6818 itu kembali ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Kamis (25/11/2021).

Informasi tersebut viral di media sosial. Salah satu yang mengabarkannya adalah akun Facebook, Rasydi Sumetry Chaniago.

Lewat postingan Facebook-nya kemarin, dia menceritakan pengalaman istrinya menaiki pesawat itu. Pada pukul 16.00 WIB, istrinya mengabarkan bahwa dia sudah berada di pesawat saat akan berangkat.

Namun, berselang 45 menit, istrinya menghubunginya lewat video call. Istrinya memberi tahu pesawat harus kembali ke Jakarta karena mengalami persoalan teknis.

“Istri saya bilang semua orang menangis serta berucap Lailahaillallah, astagfirullah, dan asma Allah lainnya, termasuk istri saya. Sontak saya bertanya ada apa? Istri saya menjawab katanya alasan teknis,” tulisnya.

Setelah kembali mendarat, seluruh penumpang pun disuruh turun.

“Sebelum turun, istri saya melihat di sekeliling pesawat ada dua unit mobil pemadam kebakaran, dua unit mobil ambulans, dan petugas lainnya. Suasana semangkin mencekam,” terangnya.

Di postingan itu, Rasydi juga menuliskan, berdasarkan informasi dari pihak kru, pesawat ada kerusakan hidrolik, bukan gesekan baling-baling. Kru pesawat bilang untung segera kembali karena kalau tidak kemungkinan mesin bisa terbakar dan meledak.

“Alhamdulilah istri saya terbang kembali dengan pesawat Batik Air yang lain dan sudah mendarat tepat pukul 21.05 WIB di BIM,” ungkapnya.

Humas Angkasa Pura (AP) II BIM Fendrick Sondra saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Jumat (26/11/2021), membenarkan kejadian itu.

“Peristiwa kembali mendaratnya pesawat Batik Air terjadi kemarin sore itu, kejadian sekitar pukul 17.00 WIB,” ujarnya.

Meski demikian, dia belum bisa menyampaikan seperti apa gangguan teknis yang dialami oleh pesawat itu. Hal tersebut karena pihaknya harus menunggu rilis resmi dari perusahaan penerbangan Lion selaku pemilik pesawat Batik Air.

“Rilis resminya kami belum dapat. Cuma saya bisa menginfokan pesawat itu berangkat dan kembali ke bandara asal setelah take off. Pilot menyatakan pesawat harus kembali. Kalau detail teknisnya kita belum tahu karena belum ada rilisnya,” jelasnya.

Menurutnya, pesawat yang membawa 147 penumpang itu kembali mendarat setelah mengudara selama 30 menit. Dia menyatakan, setelah mendarat, kondisi penumpang dalam keadaan selamat.

Penumpang kemudian diberangkatkan lewat penerbangan lainnya.

Baca juga: Mesin Pesawat United Airlines Terbakar di Udara, Boeing 777 Dilarang Terbang di Seluruh Dunia

“Setengah delapan malam kemarin, masih ada penumpang diberangkatkan lagi dengan pesawat lain. Tiba di Padang pukul sembilan malam,” jelas Fendrick. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist