Cerita Bocah Penderita Demam Berdarah Akut dan Saluran Cerna yang Dibantu Andre Rosiade

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Jika dilihat sekilas, tak ada yang berbeda dari Raziq Hannan, 7 tahun. Dia tetap mencoba tenang di ruangan bangsal anak RSUP M Djamil Padang.

Namun, sesekali murid kelas 1 Sekolah Dasar (SD) mengeluhkan sakit di bagian perutnya. Beberapa hari lalu, Raziq harus dipindahkan ke RSUP M Djamil setelah dirawat di RS Unand.

Reza Asni Gusrita, 29 tahun, ibu kandung Raziq yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga harian lepas rumah sakit milik pemerintah itu tetap telaten merawat anak pertamanya itu.

Sementara sang adik ditinggal di rumahnya di Jalan M Hatta, Koto Tingga, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang bersama neneknya.

“Raziq sempat dirawat intensif di ruang HCU anak lantai satu pasca-menjadi pasien rujukan dari RS Unand setelah dirawat 4 hari di sana. Anak saya hanya boleh mengonsumsi susu melaui NGT (selang nasogastrik atau Nasogastric Tube). Juga harus cek darah 1 kali 6 jam. Sebelumnya 1x 4 jam,” kata Reza yang mulai kelimpungan dengan biaya perawatan anaknya yang cukup besar.

Reza mengatakan, Raziq sudah mendapatkan tindakan transfusi satu kantong darah saat datang ke RS M Djamil.

“Raziq tak ditanggung BPJS, jadi sangat berat bagi saya. Kemarin juga bayar umum di RS Unand. Kami sedang mengurus BPJS,” kata Reza saat menerima bantuan dari anggota DPR RI Andre Rosiade yang diantarkan pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar Nurhaida (wakil ketua) dan Zulkifli (wakil sekretaris) ke rumah sakit.

Reza mengatakan, Raziq dirawat intensif karena sakit DHF (dengue haemorrhagic fever) atau demam berdarah akut. Juga mengalami pendarahan pada saluran cerna. Reza juga seorang relawan berbagi nasi Padang yang cukup aktif.

DHF sendiri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dengan tanda demam, nyeri otot atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia dan ditesis hemoragik.

Reza sangat berterima kasih dengan bantuan Andre Rosiade yang entah dari mana mendapatkan informasi kondisi anaknya.

“Terima kasih Pak Andre Rosiade beserta keluarga besar Partai Gerindra yang telah membantu biaya pengobatan Raziq Hannan, anak kami. Semoga dibalas dengan berlipat-lipat kebaikan oleh Allah,” kata Reza yang juga menuliskannya dalam selembar kertas dan dikirim ke tim yang menyerahkan bantuan.

Wakil Ketua Gerindra Sumbar Nurhaida yang berkomunikasi dengan Humas M Djamil menyebutkan, saat mendapatkan amanah menyerahkan bantuan, mereka langsung ke RS M Djamil.

“Kami diminta Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyerahkan bantuan untuk ananda Raziq. Alhamdulillah bisa langsung bertemu dan menyerahkannya,” kata Nurhaida.

Andre Rosiade sangat prihatin dengan kondisi Raziq yang menderita penyakit cukup berat. Apalagi keluarganya juga kurang mampu. Andre meminta tim Gerindra menyerahkan bantuan langsung ke rumah sakit.

Baca juga: Andre Rosiade Sebut Minyak Goreng Rp11.500 masih Langka, Minta Mendag Bertindak Tegas

“Semoga bantuan ini bisa meringankan keluarga dalam pengobatan Raziq,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM). [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist