Catur Sumbar Berpotensi Raih Medali di Kelas Catur Kilat PON XX Papua

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Cabang olahraga catur Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi meraih medali melalui atlet Ruby Tamono di kelas catur kilat perorangan PON Papua XX 2021.

Pelatih catur Sumbar Nurhidayat di Merauke mengatakan hari ini Ruby telah menjalani lima ronde pertandingan di Hotel Swiss Bell Kabupaten Merauke, Senin (4/10/2021), dengan hasilempat kali menang dan sekali remis.

Kemenangan itu diraih Ruby dari Muhammad Johan (Sulawesi Barat), Octo Dami (Bali), M Miftahurrahman (NTB), Nurdin Simanjuntak (Kepri) dan remis menghadapi tuan rumah Papua yakni Yoseph Theolifus Tahier (Papua).

Hasil ini membawa Ruby duduk di peringkat pertama klasemen catur kilat dengan poin 4,5 dan diikuti Arif Abdul Hafidz dari Jawa Barat dengan poin sama.

Dari keduanya yang membedakan adalah Tie Break 2, untuk Sumbar nilainya 8,25 sementara Jawa Barat di peringkat kedua Tie Break 2 dengan nilai 7,25 sementara untuk Tie Break 3 nilai keduanya sama yakni 4.

Di peringkat ketiga ada atlet DIY Kahfi Maulana dengan poin 3,5, tie break 2 dengan nilai 5,75 dan TB3 dengan nilai 3.

“Hasilnya, kita berhasil memimpin klasemen sementara dan pertandingan akan selesai besok,” kata dia.

Ia mengatakan besok ada empat ronde lagi yang diikuti Ruby Tamono melawan Arif Abdul Hafidz (Jawa Barat), Kahfi Maulana (DIY), Tirto (Jawa Tengah) dan M Ishak Rianjar (Maluku).

“Kita berpotensi meraih medali esok dan memang lawan termasuk berat seperti Jawa Barat dan jawa Tengah,” kata dia.

Menurut Nurhidayat peluang menghasilkan medali cukup besar terutama lawan dari Jawa Barat akan berhadapan dengan Papua nanti yang menjadi salah satu lawan cukup tangguh.

Baca juga: Lewat Delva Riski, Taekwondo Sumbang Medali Emas Kedua Untuk Sumbar

“Kita minta doa dari seluruh masyarakat Sumbar agar atlet kita mampu menyumbangkan emas di PON Papua 2021 dan mengharumkan nama Sumbar,” kata dia. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist