Catat Sejarah, Hendri Septa Wali Kota Indonesia Pertama Jadi Khatib Jumat di Jerman

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Hildesheim, Jerman, Wali Kota (Wako) Padang Hendri Septa berkesempatan menjadi Khatib Jumat di Masjid Ayosofia, Jumat (24/6/2022) lalu.

Pada kesempatan itu, Khutbah Jumat disampaikan Wali Kota Padang dalam dua bahasa, yakni bahasa Arab dan Inggris. Masjid Ayosofia merupakan masjid yang dibangun oleh warga Turki yang menetap di kota Hildesheim.

“Menjadi khatib Jumat bukan merupakan bagian dari kunjungan ke Hidelsheim, melainkan sesuatu yang tiba-tiba. Kebetulan saya sedang berada di Jerman, memenuhi undangan Wali Kota Hildesheim Dr. Ingo Meyer,” ujar Wali Kota Hendri, dilansir Padangkita.com dari akun media sosial pribadinya, Selasa (28/6/2022).

Wako Hendri dengan senang hati memenuhi undangan pengurus dan imam Masjid
Ayosofia, Sinan Ozturk Imam untuk menjadi khatib Jumat di masjid tersebut.

“Dengan kerendahan hati, mohon ridho Allah, saya memenuhi permintaan yang disampaikan pengurus masjid,” tulisnya lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, kunjungan Wali Kota Padang Hendri Septa ke Jerman adalah dalam rangka menghadiri peresmian jembatan yang dinamakan Padang Brucke, yang menjadi simbol kerjasama sister city Padang-Hildesheim yang telah terjalin selama 34 tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Dian Fakri, yang turut mendampingi Wako Hendri Septa di kesempatan itu mengungkapkan, bagi pengurus masjid setempat tampilnya Wali Kota asal Indonesia menjadi khatib Jumat di masjid mereka adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan.

Baca Juga: Mutasi Besar-Besaran di Pemko Padang, Wali Kota Hendri Septa Lantik 80 Pejabat  

“Ini sejarah, untuk pertama kalinya Wali Kota asal Indonesia yang menjadi khatib pelaksanaan shalat Jumat di sini. Sangat berkesan. Mereka sangat bahagia, “ujar Dian Fakri. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist