Calon Jalan Tol Terindah di Indonesia Ini juga Punya Terowongan Kembar

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Indonesia segera memiliki terowngan tol kembar yang pertama. Terowongan kembar ini bakal dibangun di ruas jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan atau Cisumdawu. Tol ini juga disebut sebagai tol pertama yang punya terowongan.

Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) dalam keterangannya mengungkapkan, letak terowongan ini berada di tol Cisumdawu yang berada di wilayah Jawa Barat (Jabar). Tepatnya berada di seksi II ruas Rancakalong – Sumedang, yakni di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Terowongan kembar yang ada di tol ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Karena terletak di pegunungan dan kontur yang berkelok tol ini diklaim sebagai tol terindah di Indonesia.

Secara penuh, diperkirakan tol ini baru beroperasi pada Agustus 2022 mendatang.

Ruas tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi pembangunan. Untuk Seksi 1 dari Cileunyi – Rancakalong (11 km) sudah beroperasi dari awal 2022 lalu, Sementara seksi 2 dari Rancakalong – Sumedang (17 km).

Selanjutnya Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4 km), seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok – Ujung Jaya (14,9 km) masih menunggu penyelesaian konstruksi.

Baca Juga: Tol di Pulau Jawa Ini Pemegang 3 Rekor Sekaligus di Indonesia, Apa Saja?

Sementara untuk seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan dan Junction Dawuan (6,07km) diprediksi dalam waktu dekat akan beroperasi. Karena progress konstruksi sudah mencapai 99%. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist