Bupati Pasbar Pastikan Ketersediaan Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Mencukupi

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi menyatakan, sejauh ini ketersediaan ruang isolasi pasien Covid-19 masih mencukupi. Namun, jika kasus melonjak, akan ditambah dengan Mess Pemda yang berada di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

“Ruang isolasi kita masih tersedia. Laporan yang saya terima, baru UPT Diklat BKPSDM Talu yang sudah penuh,” ungkap Hamsuardi ketika meninjau vaksinasi di kantor Kejaksaan Negeri Pasbar, Kamis (15/7/2021).

Ia menyebutkan, saat ini selain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasbar dan Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Simpang Empat yang menampung pasien positif Covid-19, ada juga rumah-rumah isolasi di nagari-nagari yang dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri oleh masyarakat.

“Kita juga punya rumah isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19. Itu sudah digunakan oleh masyarakat pada setiap nagari masing-masing,” ungkapnya.

Namun, Hamsuardi mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Menurutnya, apabila masyarakat bisa disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

“Kita berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir supaya masyarakat bisa kembali beraktivitas normal seperti sebelum masa Covid-19 ini menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang,” paparnya.

Terpisah, Juru Bicara Satgas Covid-19 Pasbar Gina Alecia mengatakan, hingga hari ini total kasus positif Covid-19 di Pasbar telah mencapai 1.341 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.051 orang dinyatakan sembuh, 78 orang meninggal dunia dan 212 orang sedang menjalani perawatan atau isolasi.

Baca juga: Pemkab Pasbar Rencanakan Jemput Bola ke Jorong-jorong Untuk Vaksin Masyarakat

“Saat ini langkah cepat proses tracing dan tracking telah kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Tuah Basamo ini,” pungkasnya. (rom/pkt)

Terpopuler