Bupati Pasbar Hamsuardi Ganti 5 Pelaksana Tugas Kepala OPD Timbulkan Pro dan Kontra

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Penggantian sejumlah kepala OPD Pasaman Barat tidak ada unsur dendam politik

Simpang Empat, Padangkita.com– Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi mengganti sedikitnya lima Pelaksana tugas (Plt) kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tindakan ini kemudian menimbulkan pro dan kontra.

Ada yang menilai sebagai bagian dendam politik menggusur pejabat lama, ada pula yang mendukung tindakan itu sebagai strategi bupati mempercepat tercapainya visi dan misi pembangunan.

Anggota DPRD Pasbar Insan Sabri adalah salah satu yang mendukung tindakan Bupati Hamsuardi tersebut.

Diketahui, penggantian Plt kepala OPD tersebut telah dilakukan pada 8 Maret 2021. Mereka yang diganti sebelumnya juga Plt yang diangkat oleh bupati sebelumnya, karena kepala OPD yang bersangkutan pensiun dan meninggal dunia.

Adapun Plt kepala OPD yang diganti adalah Plt Kepala Dinas Pariwisata yang sebelumnya dijabat oleh Hendra Putra, digantikan oleh Defi Irawan. Selanjutnya, Plt Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) yang sebelumnya dijabat oleh Raf’an, digantikan oleh Hendra Putra.

Kemudian, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebelumnya dijabat oleh Ahdiarsyah digantikan oleh Raf’an. Lalu, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang sebelumnya dijabat oleh Abdi Surya, digantikan oleh Fadlus Sabi. Dan terakhir, Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) Sekretariat DPRD Pasbar yang sebelumnya dijabat oleh Maiyuslinar, digantikan oleh Herlina Syahputri.
Menurut Insan Sabri, anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) salah satu partai pengusung pasangan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto, pergantian yang dilakukan oleh Bupati tersebut telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pergantian itu disebabkan karena sudah habisnya masa tugas Plt tersebut. Di mana masa tugasnya adalah selama tiga bulan,” sebut Insan Sabri kepada Padangkita.com, Kamis (18/3/2021) pagi di Simpang Empat.

Hal itu menurutnya sesuai dengan Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 2/SE/VII/2019 Tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas Dalam Aspek Kepegawaian. Berdasarkan hal inilah, dirinya menegaskan tidak ada unsur politik balas dendam atau semacamnya dalam hal pergantian Plt kepala OPD ini.

“Sejatinya hal ini dilakukan atas dasar pertimbangan efektivitas kerja. Sebelumnya ada kepala OPD yang merangkap jabatan, sementara jabatan definitifnya sangat membutuhkan keberadaannya untuk fokus. Tentu hal ini yang dijadikan pertimbangan oleh Bupati untuk dilakukan pergantian,” ungkapnya.

Insan Sabri mencontohkan Plt Sekwan yang dijabat oleh Maiyuslinar yang juga Kepala Badan Aset dan Pendapatan Daerah (BAPD). Maiyuslinar akhirnya lebih sering berada di Sekwan dan mengikuti kegiatan kunjungan kerja bersama DPRD, sementara jabatannya di BAPD sangat penting.

Begitu juga halnya, lanjut dia, Plt Kepala DPMPTSP, Abdi Surya yang menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Plt Kepala Dinas PUPR yang dijabat oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Ahdiarsyah.

“Saya melihatnya demikian. Memang pernah saya tanyakan langsung kepada Bupati, apakah saat ini ada muncul semacam dendam politik di masa pilkada dulu. Beliau menjawab, saya tidak ada dendam. Kalau memang kinerjanya bagus, makanya akan tetap saya pertahankan, namun jika tidak tentu akan saya evaluasi. Karena memang beliau inginnya, visi dan misi yang telah mereka sampaikan bisa terwujud,” ujar Insan Sabri.

Ia menambahkan, Fraksi PAN akan mendukung setiap kebijakan yang diambil oleh Pemerintah, selagi hal itu untuk kemajuan Pasbar ke depan. Namun dengan catatan tidak menyalahi aturan yang ada di negara ini.

“Kalau menyalahi aturan, tentu kami tidak akan tinggal diam. Karena salah satu fungsi DPRD itu adalah fungsi pengawasan. Maka kami berharap, janganlah kita terlalu dini menilai sesuatu kebijakan yang diambil seorang pemimpin itu. Karena hal itu tentu sudah melalui pengkajian yang lebih mendalam sebelum akhirnya dilakukan,” imbuhnya.

Insan Sabri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita yang berasumsi tidak jelas karena hanya akan menimbulkan prasangka yang tidak baik dan berujung dengan perselisihan.

Baca juga: Didukung Kondisi Alam, Pasaman Berpotensi Sebagai Daerah Penghasil Madu Murni

“Mari kita dukung dan kawal bersama-sama kinerja Bupati dan Wakil Bupati Pasbar saat ini. Biarkan mereka melangkah dan melebarkan sayapnya, namun ketika hari sudah mulai malam, tentu tugas kita untuk mengingatkannya dan menuntunnya menuju kebaikan,” harapnya. [rna]

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler