Bupati Hamsuardi Tantang Alumni IPB di Pasbar Membuat Terobosan Baru Soal Pertanian dan Peternakan

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bupati Hamsuardi tantang alumni IPB membuat terobosan soal pertanian dan peternakan di Pasaman Barat.

Simpang Empat, Padangkita.com – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Pasaman Barat (Pasbar) akan berkolaborasi dengan pemerintah untuk membangun pertanian dan peternakan di daerah itu.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengatakan, bahwa saat ini pemerintah sangat menunggu adanya inovasi terkait pertanian dan peternakan untuk Pasbar.

“Ide, gagasan dan inovasi jangan dihambat. Saya menunggu itu semua dari kawan-kawan alumni IPB, bagaimana kawan semua mampu membuat terobosan di dunia pertanian dan peternakan di Pasbar,” ujar Hamsuardi di ruang kerjanya saat ditemui Alumni IPB Pasbar, Selasa (9/3/2021).

Dikatakan Hamsuardi, adanya inovasi tersebut, diharapkan tidak ada lagi kekurangan daging di Pasbar.

“Jika kebutuhan daging tercukupi, maka harga juga akan terjangkau. Begitu juga dengan program-program yang nantinya akan disertai dengan contoh dan bantuan,” ungkapnya.

Hamsuardi mencontohkan, pemerintah akan membantu masyarakat untuk peternakan sapi. Maka, terlebih dahulu akan membuatkan contoh kandang yang bagus, begitu juga dengan beternak ayam petelur.

“Bagaimana langkah kita kedepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus menunggu dari luar daerah. Saya tantang kawan-kawan semua untuk berbuat seperti itu,” tegas Hamsuardi.

Sementara itu, Ketua Alumni IPB Pasbar yang juga merupakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Pasaman Barat, Sukarli mengatakan, bahwa potensi di dunia pertanian dan peternakan mudah untuk dikembangkan di Pasbar.

Sukarli menilai, Pasbar memiliki potensi yang tinggi untuk penegembangan pertanian dan peternakan.

“Bupati juga mendukung dan menantang kita Alumni IPB agar mengolah dan mengembangkan pertanian dan peternakan di Pasbar. Misalnya, kita bisa mengembangkan ayam petelur, karena kita punya pakan untuk itu dan potensi jagung kita cukup besar,” ujar Sukarli.

Lalu, kata Sukarli, soal pertanian juga sangat mudah dikembangkan, seperti penanaman sayur-sayuran.

Baca juga: Limbah B3 Medis RSI Ibnu Sina dan RSUD Pasaman Barat Dikelola di Luar Pulau Sumatra, Termasuk Limbah Covid-19

“Itu bisa dikembangkan di Pasbar, karena lahan dan suhu yang cukup memadai seperti di Kecamatan Talamau. Begitu juga dengan benih padi yang unggul, akan kita kembangkan juga di Pasbar,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler