Bukan Hanya untuk Minyak, Ini 4 Manfaat Lain dari Pohon Kayu Putih

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Pohon kayu putih terkenal karena menghasilkan minyak kayu putih dengan beragam khasiat. Namun ternyata, selain minyaknya, bagian lain dari pohon kayu putih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui masyarakat.

Di Indonesia, pohon kayu putih memiliki nama yang bermacam- macam, mulai dari nama latinnya yaitu Melaleuca Leucadendra, orang Jawa dan Sunda mengenalnya dengan nama gelam, Batak dikenal inggolom, Sulawesi dikenal waru gelang adapun di negara lain seperti di Cina dikenal dengan nama Bai Qian Ceng.

Pohon kayu putih memiliki batang pohon ukuran sedang, tinggi berkisar 10-20 m, kulit pohon berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit terkelupas serta tidak beraturan. Adapun daunnya tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling.

Pohon kayu putih dapat bertahan hidup di tanah tandus, bisa juga ditemukan tumbuh di daerah dataran rendah sampai 400 m dpi, pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah.

Pohon kayu putih memiliki segudang manfaat seperti pohon kelapa dari akar sampai ujung daunnya. Berikut Padangkita.com mengumpulkan beberapa manfaat pohon kayu untuk kesehatan dikutip dari majalah elFata:

Baca juga: Kurang Percaya Diri Saat Bekerja? Begini Cara Mengatasinya

Menghilangkan Lesu, Lemah, dan Insomnia

Pada kulit kering pohon kayu putih dipotong-potong dengan berat berkisar enam sampai 10 gram. Setelah itu direbus dengan air dengan tiga gelas air sampai air mendekati kering dengan satu gelas air. Selanjutnya disaring dan bisa untuk diminum.

Meredakan Nyeri Saraf, Radang Usus, Diare, dan Reumatik

Untuk meredakan nyeri saraf, radang usus, diare dan reumatik, ambil sebanyak 6 sampai 10 gram daun kering pohon kayu putih, kemudian rebus dengan dua gelas air putih.

Rebus sampai bersisa rebusan air ukuran satu gelas air. Kemudian diamkan sampai dingin untuk disaring dan diminum.

Mengobati Luka Bernanah

Berbeda dengan penyakit lainnya, untuk luka bernanah kulit muda kayu putih dicampur dengan sedikit jahe dan asam untuk dikunyah. Setelahnya tempelkan pada luka yang bernanah, dalam prosesnya olesan kulit dan lainnya akan menghisap nanah dari luka dan membersihkannya.

Mengatasi Ekzema dan Radang Kulit

Daun segar dari pohon kayu putih sebanyak satu genggam dicuci bersih untuk direbus. Rebusan air menggunakan air berukuran tiga air bersih sampai mendidih.

Setelahnya, rebusan air yang mendidih tersebut didiamkan sampai hangat dan digunakan untuk mencuci bagian kulit yang terpapar. [mg1/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist