BPS Sumbar Gelar Sensus Pertanian Tahun Depan, Data yang Diperoleh untuk Potensi Petani Milenial

Padang, Padangkita.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat (Sumbar) berencana menggelar sensus pertanian pada tahun depan.

Kepala BPS Sumbar, Herum Fajarwati mengatakan, sensus tersebut persisnya bakal digelar pada 1 – 31 Mei 2023.

Sensus pertanian tersebut bertujuan untuk menyediakan data struktur pertanian dan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian.

“Sensus bertujuan untuk menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian,” ujarnya dalam workshop wartawan di Hotel Santika Premiere, Kota Padang, Kamis (5/10/2022).

Dalam sensus kali ini, pihaknya bakal mendata seluruh pelaku usaha, baik perorangan, kelompok, maupun perusahaan pertanian berbadan hukum di Sumbar.

Sensus ini merupakan program nasional, dan digelar juga di provinsi lainnya di Indonesia. “Saat ini, kita masih dalam tahap persiapan,” ungkap Herum.

Adapun cakupan dalam sensus ini yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian.

“Data sensus pertanian 2023 ini sangat diperlukan untuk menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian,” terangnya.

“Selain itu, hasil sensus juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui potensi terkait petani milenial dan modernisasi adopsi teknologi di sektor pertanian,” imbuh Herum.

Sebagai informasi, sensus pertanian 2023 merupakan sensus pertanian ketujuh yang diselenggarakan BPS.

“Sensus ini digelar setiap 10 tahun sekali, pada setiap tahun berakhir angka tiga. Makanya, pada 2023 kita gelar kembali,” tandasnya.

Baca juga: Bupati Pasbar dan Kepala BPS Tanda Tangani Perjanjian Hibah Tanah untuk Perluasan Hutan Kota

Dia pun berharap masyarakat pun bisa menerima kedatangan petugas sensus dan menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist