BPOM Cek Makanan di Pasar Pabukoan Batusangkar, Pastikan Tak Ada Zat Berbahaya

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Kesehatan Tanah Datar melakukan inspeksi mendadak atau sidak memeriksaan makanan di sejumlah pusat perbelanjaan dan Pasar Pabukoan Batusangkar, Rabu, (6/4/2022) sore.

Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan masyarakat dari zat berbahaya yang terdapat pada makanan.

Pengawasan dan pengecekan dilakukan terhadap makanan yang ada di ritel-ritel hingga takjil pabukoan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya seperti bahan pewarna.

Bahan yang dicurigai kemudian diambil sampel dan pengujian langsung di tempat menggunakan mobil laboratorium keliling.

“Kegiatan ini dalam rangka melindungi masyarakat dari pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan khususnya di bulan Ramadan ini,” kata petugas BPOM di Padang, Lega Fatman.

Dalam pengawasan ini, tim BPOM juga melakukan edukasi kepada para pedagang takjil dan makanan terkait dengan penerapan keamanan pangan.

“Tim kita akan edukasi masyarakat tentang makanan yang aman serta tidak menggunakan bahan berbahaya yang disalahgunakan seperti Rhodamin B, Methanyl yellow, Boraks dan Formalin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan.

“Kegiatan rutin setiap tahun ini, di samping bersama BPOM kita juga bekerjasama dengan Dinas Koperindag, Satpol PP, Kejaksaan dan Polres dalam pemeriksaan makanan, khusus setiap bulan Ramadan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga menyasar sejumlah tempat, di antaranya ritel atau toko, kosmetik, rempah-rempah, makanan dan minuman di Pasar Pabukoan Batusangkar. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist