Berkunjung ke Museum Rahmah El Yunusiyah Pendiri Diniyyah Puteri

Penulis: Redaksi

Berita Padang Panjang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Rahmah El Yunusiyah telah berjasa dalam memperjuangkan pendidikan perempuan di Indonesia.

Padang Panjang, Padangkita.com – Rahmah El Yunusiyah telah berjasa dalam memperjuangkan pendidikan perempuan di Indonesia. Ia merupakan pendiri Diniyyah Puteri pada tahun 1923 yang masih eksis sampai saat ini.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui perjalanan hidup Rahmah El Yunusiyah, Anda bisa berkunjung ke Museum Rahmah El Yunusiyah di Jalan Abdul Hamid Hakim, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar).

Bangunan museum ini dulunya merupakan rumah tempat Rahmah El Yunusiyah lahir dan dibesarkan. Lokasinya berdekatan dengan kompleks perguruan Diniyyah Puteri.

Di museum ini, kita bisa temukan berbagai informasi dan foto sejarah perjalananan hidup Rahmah mulai dari silsilah keluarga, lika-liku mendirikan Diniyyah Puteri, sejumlah murid yang pernah dididiknya, serta berbagai penghargaan yang diterimanya.

Informasi dan foto tersebut dipajang di dinding memenuhi seisi ruangan dalam museum, diselingi dengan kalimat inspirasi dari Rahmah.

Selain itu, terdapat foto sebuah surat tulisan tangan Rahmah yang ditujukan kepada Abdul Karim Amrullah atau ayah Buya Hamka. Surat tersebut berisikan tentang permintaannya kepada Abdul Karim Amrullah agar bisa memberikan ilmu serta pengetahuan kepada para santrinya.

Di museum ini, juga terdapat beberapa perabot rumah yang pernah dipakai Rahmah seperti lemari, tempat tidur, dan mesin tik. Perabot tersebut berada di dalam kamar tidur Rahmah di bagian depan.

Memang tidak banyak benda peninggalan Rahmah di museum ini. Hal itu dikarenakan semasa hidupnya Rahmah tidak pernah menumpuk kekayaan. Semua dibagikan untuk mereka yang membutuhkan, yang tinggal hanya yang digunakannya.

Terus masuk ke dalam, terdapat dua ruangan lagi yakni ruangan audio visual dan ruang perpustakaan. Ruang audio visual ditujukan jika ada pengunjung yang ingin melihat sejarah Rahmah dalam bentuk suara dan video, sementara perpustakaan berisi koleksi buku tentang Rahmah dan buku lainnya yang pernah ia baca.

Museum Rahmah El Yunusiyah diresmikan pembukannya pada 26 Agustus 2019. Museum ini buka hari Senin hingga Jumat. Terwujudnya Museum Rahmah El Yunusiyah merupakan inisiatif dari Yayasan Diniyyah Puteri.

Baca juga: Novel Biografi Rahmah El Yunusiyyah “Perempuan yang Mendahuli Zaman” Cetak Ulang

Pengunjung museum ini tidak begitu ramai. Namun, pengunjung yang datang tidak hanya datang dari kota-kota di Indonesia, melainkan juga dari negara jiran Malaysia. [den/pkt]


Baca berita Padang Panjang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler