Bencana yang Terjadi di Pesisir Selatan, Ada Longsor dan Banjir

Penulis: Fuadi Zikri

Painan, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mencatat sejumlah bencana terjadi sepanjang Rabu (29/9/2021) malam hingga Kamis (30/9/2021) pagi.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Hasnul Karim menyebutkan, ada tiga lokasi titik longsor disertai pohon tumbang dan dua titik lokasi banjir yang dilaporkan.

“Kondisi terakhir, semua longsor telah kami bersihkan dan banjir juga sudah mulai surut,” ujar Hasnul kepada Padangkita.com, Kamis Siang.

Hasnus menyebutkan, sejumlah bencana tersebut terjadi lantaran hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan sejak Rabu sore hingga Kamis pagi.

Ia merinci, longsor terjadi di ruas jalan Padang-Bengkulu, Bukit RCTI, Kecamatan IV Jurai yang menutupi semua badan jalan sehingga sempat menghambat akses jalan alias macet total. Arus lalu lintas mulai kembali normal Kamis pagi.

“Longsor juga terjadi di tiga titik di Painan, ada yang menutup akses jalan juga, tapi sudah kita bersihkan,” ujarnya.

Sementara banjir terjadi di Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, dan di Nagari Duku, Kecamatan Koto Tarusan. Kata Hasnul, puluhan rumah warga terendam air dengan ketinggian yang bervariasi.

“Banjir juga merendam hingga ke jalan daerah. Karena sungai yang dekat di sana meluap,” ucapnya.

Baca juga: Cerita Kepala SDN 20 Jalamu Pessel yang Tetap Pakai Buku Rusak Sisa Banjir di Sekolahnya

Menurut Hasnul, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga yang terdampak dan sempat mengungsi juga telah kembali ke rumah masing-masing dan membersihkan sisa banjir. [mfz/pkt]

Terpopuler