Belajar Kelola Objek Wisata Sambil Telusuri Batang Pangian hingga Goa Ngalau

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Upaya pengelolaan objek wisata Ngalau Indah Pangian oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian, Kecamatan Lintau Buo mulai dilirik Pokdarwis lain untuk belajar pengelolaan.

Salah satu Pokdarwis yang belajar adalah Pokdarwis Dua Bidadari (Dubai) Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab. Kunjungan Pokdarwis Dubai pada Jumat (25/12/2020), dipimpin Camat Sungai Tarab, Afrizal.

Rombongan Pokdarwis Dubai disambut oleh Ketua Pokdarwis Pesona Pangian Amuri Solala, Ketua Harian Objek Wisata Ngalau Pangian Almusteqi, dan pengurus Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Pangian Jaya.

Dalam kesempatan itu, kedua Pokdarwis saling memaparkan kondisi terkini masing-masing objek wisata yang dikelola dan rencana pengembangan wisata ke depannya.

Ketua Pokdarwis Pesona Pangian, Amuri Solala mengatakan, pengelolaan objek wisata Ngalau Indah Pangian telah dimulai sejak Mei lalu. Dalam pengelolaan, selalu melibatkan semua pihak, mulai dari pemerintahan nagari, pemuda, karang taruna, serta pemilik ulayat.

“Membangun di nagari tentu tidak bisa berjalan sendiri, kita harus melibatkan semua pihak, apalagi pemilik ulayat,” terang Amuri.

Dalam perkembangannya, sejak dibuka pada Agustus lalu, jumlah pengunjung yang datang sudah mulai ramai. Hanya saja, setelah kasus Covid-29 meningkat, jumlah pengunjung sedikit menurun.

“Kondisi ini dialami oleh hampir semua objek wisata yang ada di Tanah Datar. Namun, dalam masa pandemi ini menjadi waktu yang baik untuk membangun dan mempersiapkan objek wisata, ” jelasnya.

Amuri menyebutkan, selain objek wisata Ngalau, di Pangian juga ada arung jeram, serta potensi usaha lain yang dapat mendatangkan omzet. Dalam hal ini, tengah disusun rencana pengelolaan yang nantinya bisa disinkronkan dengan Bumnag.

“Jadi, kami Pokdarwis menjadi salah satu unit usaha Bumnag. Laporan tentu kita serahkan kepada Bumnag, ” ujarnya.

Dalam kunjungan itu, para pengelola Pokdarwis Dubai diajak menelusuri perjalanan hingga ke mulut Goa Ngalau Indah Pangian. Sepanjang perjalanan, pengunjung dapat memberi makan ikan yang berada di Batang Pangian.

Camat Sungai Tarab, Afrizal mengatakan kedatangan mereka ke Pangian untuk mempelajari bagaimana cara mengelola objek wisata di bawah naungan Pokdarwis.

“Kami memiliki objek wisata, namun belum terkelola maksimal. Makanya kami datang ke sini untuk mempelajari, bagaimana mengelola objek wisata melalui Pokdarwis,” ujar Afrizal.

Baca juga: Berhasil Tingkatkan Porduktivitas UKM, Tanah Datar Peroleh Anugerah Siddhakarya 2020

Mantan Camat Lima Kaum itu mengakui besarnya potensi wisata yang ada di Ngalau Pangian. Bahkan, dia juga ingin kembali lagi ke Pangian untuk menikmati potensi lain seperti arung jeram. [pkt]


Baca berita Tanah Datar terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist