Beberapa Alasan Seseorang Takut dan Jijik dengan Kecoak

Penulis: Redaksi

Berita Viral terbaru dan Kesehatan terbaru: Ada beberapa hal yang membuat seseorang menjadi takut dan jijik dengan kecoak

Padangkita.com – Sembilan dari sepuluh orang kabarnya takut dengan kecoak. Entah alasan apa sehingga banyak orang yang tidak suka atau bahkan jijik dengan binatang yang satu ini.

Kecoak merupakan binatang yang berkembang biak di area gelap dan lembap di dalam rumah. Bicara soal sejarah, kabarnya kecoak sudah ada sejak zaman dinosaurus. Bahkan ada bukti menunjukkan kecoak dapat bertahan dari ledakan nuklir.

Profesor ekologi di Universitas Wyoming, Jeffrey Lockwood mengatakan tanggapan kita terhadap kecoak tidaklah rasional. Kecoak memang tidak baik bagi kesehatan namun kita terlalu menganggap binatang tersebut berlebihan.

Lockwood yang juga penulis The Infested Mind: Why Humans Fear, Loathe, And Love Insects mengatakan kenapa banyak orang takut dan benci kecoa?

“Anak-anak kecil memiliki kecenderungan untuk mendekati dan mengamati serangga,” katanya. Tetapi tumbuh besar di Amerika, serangga dipandang sebagai gangguan yang tidak diinginkan dan, paling buruk, pembawa penyakit yang menjijikkan, kebanyakan anak dengan cepat belajar bahwa “serangga” adalah penjahat untuk ditampar atau dihancurkan,” kata Lockwood seperti dilansir dari Time.

Gagasan bahwa ketakutan dalam beberapa hal dipelajari tidaklah sulit untuk dibuktikan. Tetapi meskipun ketakutan kita terhadap kecoak mungkin tidak sebanding dengan risiko yang ditimbulkannya, Lockwood mengatakan ketidaksukaan kita terhadap kecoak itu tidak sepenuhnya tidak masuk akal.

Ada sekitar 4.600 spesies kecoak di seluruh dunia, dan beberapa spesies membawa alergen, termasuk yang memicu asma, katanya.

Kecoak juga dapat membawa bakteri penyebab penyakit, meskipun CDC mengatakan hanya ada “sedikit bukti” yang mengaitkannya dengan wabah penyakit.

Namun, jika menyangkut serangga yang dapat menyakiti Anda, peringkat kecoak cukup rendah.

“Anda bisa berargumen bahwa nyamuk adalah hewan paling mematikan di planet ini selain manusia,” kata Lockwood. “Tapi tentu saja kami tidak menanggapi nyamuk seperti yang kami lakukan terhadap kecoak.”

Jadi, ada apa dengan kecoak yang benar-benar membuat kita takut? Banyak dari sifat kecoa memicu apa yang Lockwood sebut sebagai refleks rasa jijik yang tertanam.

“Rasa takut dan jijik adalah dua emosi negatif manusia yang universal,” jelasnya. “Yang satu menandakan bahaya langsung, dan yang satu menandakan potensi penyakit atau kontaminasi.”

Jika kedua emosi itu membentuk diagram Venn, kecoak akan berlarian di dalam area tumpang tindih. “Kecoak berminyak, yang merupakan sinyal nyata untuk rasa jijik,” kata Lockwood.

“Ya, kecoak benar-benar bau: mereka menyimpan asam urat di tubuh mereka, yang merupakan komponen utama urin manusia.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Pengusir Lemas di Siang Hari, Silakan Coba

Sementara banyak serangga bersayap cepat, kecoak mungkin adalah makhluk darat tercepat di Bumi. Satu eksperimen mencatat seekor kecoa Amerika bergerak dengan kecepatan hampir 3,5 mil per jam.

“Saya skeptis dengan gagasan bahwa orang memiliki ketakutan bawaan,” kata Lockwood.

“Tapi tentu saja ada beberapa hal yang lebih mudah dipelajari bagaimana cara takut, dan kecoak adalah salah satunya karena mereka menyentuh semua kecenderungan ini.” [Suara]


Baca berita viral terbaru dan Kesehatan Terbaru hanya di Padangkita.com