Baznas Pessel Realisasikan Bantuan Rumah untuk Korban Tanah Longsor di Nyiur Melambai Pelangai

Penulis: Zulfikar Efendi

Painan, Padangkita.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan merealisasikan bantuan bedah rumah layak huni untuk korban tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Bahkan, Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariyansyah juga ikut meyerahkan bangtuan senilai Rp5 juta untuk para korban.

Dikatakan Rudi, bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir mengakibatkan lima unit rumah mengalami rusak berat.

“Ya, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun bencana tanah longsor itu mengakibatkan kerugian materil, seperti rusaknya rumah dan perabot rumah tangga milik warga di daerah itu,” ujar Rudi dikutip dari situs resmi milik Pemkab Pessel, Sabtu (16/10/2021).

Sebelumnya, kata Rudi, Pemkab Pessel juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako, makanan siap saji, terpal, selimut, kasur, family kit, peralatan dapur serta bantuan lainnya untuk para korban.

“Kita mengajak korban agar sabar menghadapi cobaan ini. Mudah-mudahan dengan bantuan dari Baznas, korban bisa memiliki rumah yang layak. Kemudian, kita berharap korban bangkit untuk menata kehidupan yang lebih baik ke depan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi mengatakan, pihaknya menyalurkan dana zakat untuk beberapa kegiatan, seperti bedah rumah, pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, bantuan biaya berobat dan lainnya.

“Khusus bantuan bedah rumah bagi korban tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir, Baznas sudah melakukan survei ke lokasi. Dari hasil survei itu, maka disalurkanlah bantuan untuk bedah rumah layak huni,” ucap Yuspardi.

Dijelaskan Yuspardi, kali ini, Baznas Pessel memyalurkan bantuan bedah rumah untuk lima Kepala Keluarga (KK). Masing-masing KK mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta.

Baca juga: Baznas Pessel Tinjau Lokasi Longsor di Nyiur Melambai Pelangai untuk Estimasikan Bantuan yang Akan Disalurkan

“Kegiatan bedah rumah korban bencana tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir tersebut dilakukan secara swadaya oleh Kodim 0311 Pesisir Selatan,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist