Batik Karya SMKN 1 Ampek Angkek Bakal Jadi Seragam Dinas ASN Kabupaten Agam

Penulis: Zulfikar Efendi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman merencanakan akan menggunakan batik karya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ampek Angkek sebagai seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

Menurut Andri, batik yang diproduksi pelajar Jurusan Kriya Kreatif Bahan Tekstil SMKN 1 Ampek Angkek itu untuk digunakan sebagai seragam ASN hanya menunggu kesiapan sekolah.

“Kita tergantung kesiapan pihak sekolah, karena membatik ini membutuhkan waktu, sedangkan Sumber Daya Manusia atau SDM-nya hanya enam orang,” ujar Andri saat berkunjung ke SMKN itu bersama Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kamis (16/9/2021).

Meskipun begitu, Andri berharap dalam waktu dekat batik karya SMKN 1 Ampek Angkek itu bisa digunakan untuk seragam ASN di Kabupaten Agam.

“Akan diawali seragam bupati dan wakilnya, serta anggota DPRD,” katanya.

Sementara itu, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy juga mengapresiasi SMKN 1 Ampek Angkek yang merupakan salah satu sekolah unggul di Agam miliki jurusan seni.

“SMK banyak di Agam, tapi khusus membatik hanya di sini,” ujar Audy.

Bahkan, Audy juga menyebutkan Pemprov Sumbar akan membantu percepatan produksi batik di sekolah itu.

Baca juga: Bicara Kotokohan Angku Yus Datuak Parpatiah, Bupati Agam: Sangat Layak Terima Anugerah Tokoh Adat

“Kita lihat dulu, apa saja yang dibutuhkan. Tapi, membatik ini manual, palingan yang perlu ditambah SDM-nya,” papar Audy. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist