Banyak Pasien Covid-19 di Tanah Datar Alami Stres, Angka Kesembuhan Baru Capai 80 Persen

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Persentase angka kesembuhan paparan Covid-19 di Tanah Datar sekitar 80%. Banyak pasien lama sembuh setelah terinfeksi, karena stres yang makin menurunkan imunnya.

“Meski persentasenya terbilang baik, namun masih belum tinggi. Masih berkisar pada angka 80 persen. Harusnya berada di 90 persen,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah, Kamis (29/7/2021).

Roza menyebutkan, angka kesembuhan masih belum tinggi, disebabkan banyak pasien merasa stres setelah mengetahui dirinya terpapar, sehingga berimbas terhadap imun yang semakin melemah.

Minimal, sebut Roza, dalam kurun waktu 14 hari pasien yang terpapar bisa sembuh. Namun, pada kenyataannya hal itu tidak berlaku seutuhnya. Pasien yang sembuh bahkan memakan waktu lebih dari dua pekan.

Seiring kurangnya kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat, angka paparan Covid-19 semakin meningkat di Tanah Datar.

“Pada tahun 2020 angka paparan berkisar pada 1.500-an orang. Sedangkan hingga pertengahan tahun 2021 ini, angka paparan sudah mencapai 2.000 lebih. Hal itu menandakan jika kelalaian terhadap protokol kesehatan masih terjadi di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Tingginya paparan positif tidak sebanding dengan capaian angka sembuh sesuai waktu yang diprediksi. Belum lagi, angka kematian akibat Covid-19 di Tanah Datar termasuk di atas standar yang ditetapkan oleh WHO.

“Persentase angka kematian yang ditetapkan oleh WHO adalah satu persen dari jumlah total paparan. Namun, di Tanah Datar mencapai 3 persen lebih, ” jelas Roza.

Untuk mengatasi hal itu, sebut Roza, tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Namun peranan masyarakat serta keluarga terdekat bagi yang terpapar sangat penting.

“Untuk meningkatkan angka kesembuhan sangat dibutuhkan peranan keluarga terdekat, terutama yang isolasi mandiri. Untuk yang dirawat masih bisalah dibantu oleh perawat. Yang isolasi di rumah tentu merasa jenuh selama isolasi, hingga menyebabkan stres, imbasnya imun semakin melemah,” jelas Roza.

Bagi pasien sendiri, saran Roza, jangan terlalu cemas. Cari cara untuk menghilangkan stres, baik berolahraga, menonton film, mencari hiburan, dan paling penting adalah niat dari dalam untuk sembuh hingga sehat kembali.

Baca juga: Kasus Covid-17 Terus Meningkat, Belajar Tatap Muka di Tanah Datar Kembali Diundur

Pada Kamis (29/7/2021) ini, kasus Covid-19 di Tanah Datar bertambah lagi 91 orang. Bersamaan dengan itu, 85 orang pasien dinyatakan sembuh. Jumlah total kasus Covid 19 di Tanah Datar telah mencapai 3.557 orang dengan angka kesembuhan 2.743 orang. [pkt]

Terpopuler

Add New Playlist