Bantuan 50 Konsentrator dari Panglima TNI untuk Penanganan Covid-19 Sumbar Diantar Pakai Hercules

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) memperoleh bantuan 50 konsentrator oksigen dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Bantuan tersebut tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, pada Selasa (10/8/2021) siang.

Puluhan alat bantu pernapasan tersebut diangkut dari Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta dengan mengunakan pesawat TNI Angakatan Udara, Hercules C-130 bernomor register A-1319.

Kedatangan 50 konsentrator oksigen di BIM dicek langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dengan didampingi oleh Komandan Lanud Sutan Syahrir Kota Padang Kolonel Pnb MRY Fahlefie dan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi.

Mahyeldi pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Panglima TNI tersebut.

Bantuan ini rencananya didistribusikan pada Rabu (11/8/2021) besok di rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah di Sumbar untuk membantu perawatan pasien Covid-19.

“Alhamdulillah, alat ini mobile, bisa dipindah-pindahkan sehingga tidak terbatas untuk satu rumah sakit saja. Dalam kondisi darurat bisa dipindahkan dengan cepat ke rumah sakit lain yang membutuhkan,” ujarnya kepada wartawan.

Dia menjelaskan konsentrator merupakan perangkat medis yang digunakan untuk mengirim oksigen ke seseorang dengan gangguan pernapasan.

Dengan alat ini, diharapkan, bisa membantu penanganan pasien Covid-19 bergejala berat di Sumbar. Dengan demikian, diharapkan, angka kematian kasus Covid-19 bisa ditekan.

Baca juga: Usai Jokowi Telepon Mahyeldi, Bantuan Obat dan Alat Kesehatan Berdatangan ke Sumbar

“Kita sangat berterima kasih atas bantuan dari Panglima TNI ini karena kebutuhan oksigen dalam penanganan Covid-19 memang sangat vital,” jelasnya. [fru/pkt]

Terpopuler