Bantah Ada Penjualan Pulau, DKP Sumbar: Tidak Ada Pulau A-Frames di Mentawai

|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kepala DKP Sumbar Yosmeri membantah ada penjualan pulau di Sumbar

Padang, Padangkita.com– Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Yosmeri membantah ada penjualan pulau di Sumbar. Hal tersebut menanggapi sebuah situs daring yang akan menjual Pulau A-Frames di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Sampai saat ini, tidak ada penjualan pulau di Sumbar,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (9/2/2021).

Yosmeri menuturkan, DKP Sumbar telah melakukan pengecekan. Pihaknya menemukan tidak ada nama Pulau A-Frames di Kepulauan Mentawai.

“Di Mentawai, ada 98 pulau. Tidak ada nama Pulau A-Frames di data kita,” jelasnya.

Menurutnya, Pulau A-Frames yang disebutkan di situs Private Island tersebut diduga merupakan spot olahraga selancar.

“Tidak ada pulau yang bernama A-Frames. Dari informasi yang kita cek, A-Frames tersebut merupakan spot tempat orang berselancar. Mungkin itu yang ditawarkan,” ungkapnya.

Meski demikian, Yosmeri mengakui, di Kepulauan Mentawai, ada sebuah pulau bernama Pulau Panangalat.

Dilihat Padangkita.com di laman www.privateislandsonline.com, disebutkan Pulau A-Frames memiliki nama asli Pulau Panangalat yang berlokasi 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai, Tua Pejat.

Namun, Yosmeri membantah pulau itu dijual. “Tidak ada penjualan pulau. Karena pulau-pulau di daerah kita ini bukan milik perorangan, tapi milik ulayat,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut, DKP Sumbar akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kepulauan Mentawai agar dicek kembali ke lapangan.

“Namun, kita dari provinsi, tidak ada penjualan pulau-pulau ini,” sampai Yosmeri.

Sebelumnya diberitakan, Pulau A-Frames, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dijual di situs daring. Dilihat Padangkita.com pulau tersebut ditawarkan di situs www.privateislandsonline.com.

Di situs tersebut terdapat foto Pulau A-Frames dengan keterangan Indonesia, Asia, harga sesuai permintaan. Kemudian, disebutkan pula, Pulau A-Frames merupakan salah satu pulau selancar terindah di dunia.

Baca juga: Pulau A-Frames di Kepulauan Mentawai Dijual di Situs Private Island

“Pulau A-Frames (nama asli, “Pulau Panangalat”) terletak 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai (Tua-Pejat) dan merupakan rumah dari rangkaian pulau selancar paling terkenal di dunia, ‘Tempat bermain’. Naik taksi air selama 25 menit dari pusat kota Tua-Pejat membawa Anda ke Pulau A-Frames. Pulau itu berada di sisi yang dilindungi,” tulis situs itu. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist