Banjir Landa Payakumbuh, Warga Diungsikan Tengah Malam, Tidur di Atas Mobil Dalmas

Penulis: Mentari Tryana

Berita Payakumbuh dan berita Sumbar terbaru: Sejumlah kawasan di Payumbuh dilanda banjir akibat hujan deras yang turun sejak Jumat (4/9/2020).

Payakumbuh, Padangkita.com – Hujan deras yang turun sejak Jumat (4/9/2020) malam hingga Sabtu (5/9/2020) dini hari, membuat sejumlah kawasan di Payakumbuh dilanda banjir. Kali ini, banjir cukup parah, sehingga sejumlah warga harus diungsikan tengah malam itu juga. Ibu-ibu dan anak-anak harus tidur di atas mobil Dalmas Satpol PP.

Informasi yang dirangkum Padangkita.com di lokasi kejadian menyebutkan, banjir cukup parah ini terjadi di Perumahan Padang Karambia, Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Tepatnya lagi, di perumahan sebelah kanan sebelum jembatan menuju Bukit Cina.

Banjir di Perumahan Padang Karambia ini dipicu meluapnya aliran Batang Sikali yang berada di depan perumahan tersebut. Batang Sikali ini, hulunya ada di Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota.

Akibat banjir di Perumahan Padang Karambia ini, warga perumahan itu terpaksa diungsikan tengah malam. Mereka diungsikan oleh petugas Satpol PP Damkar Payakumbuh yang ikut membantu Tim Reaksi Cepat BPBD.

“Iya, ada warga yang diungsikan akibat banjir di Perumahan Padang Karambia, Payakumbuh Selatan. Sampai sekarang warga itu masih mengungsi. Terdiri dari 3 keluarga dengan 10 jiwa,” kata Kepala Satpol PP Damkar Payakumbuh Davitra, Sabtu dini hari (5/9/2020).

Baca juga: Hindari Kesemrawutan, Pembangunan di Kawasan Wisata Mandeh Akan Diawasi

Selain di Perumahan Padang Karambia, banjir juga terjadi di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat dan beberapa kawasan lain. Belum diketahui data rinci dampak banjir, tapi TRC BPBD Payakumbuh sudah turun ke lokasi.

“Untuk informasi lebih lengkap, hubungi BPBD. Kami di Satpol PP kebetulan sedang patroli rutin di Payakumbuh Selatan dan saat mendapat informasi ada banjir, petugas patroli langsung mengevakuasi warga ke atas mobil Dalmas,” kata Davitra.

Sekadar diketahui, Perumahan Padang Karambia yang berada di pinggir aliran Batang Sikali ini, pada April 2019 silam juga pernah dilanda banjir. Waktu itu, peristiwanya bersamaan dengan peristiwa banjir bandang atau galodo yang terjadi di Sikabu, Padang Kuniang, Situjuah Gadang, Limapuluh Kota. [gse/pkt]


Baca berita Payakumbuh terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.