Atasi Macet di Jalur Padang Lua, Ini Langkah dan Perintah Bupati Agam

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Kemacetan jalur Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, terus menjadi perhatian Pemkab Agam. Masalah yang masih terus terjadi itu, harus segera diatasi.

Jalur Padang Lua telah menjadi ruas jalan nasional dengan titik macet  terparah selama ini, apalagi ketika hari pasar.

“Kita harus bisa cari solusi bagaimana kemacetan di jalan itu dapat diatasi, paling tidak dikurangi,” ujar Bupati Agam, Andri Warman saat bertemu dengan OPD terkait, wali nagari dan pengurus pasar, di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Jumat (24/6/2022).

Ia minta OPD terkait mengerahkan personel ke lokasi, baik dari Dinas Perhubungan maupun Satpol PP untuk mengatur lalu lintas di jalur tersebut.

Di samping itu, Bupati Andri meminta bagaimana traffic light atau Lampu Merah di perempatan Padang Lua diaktifkan. Sebab, menurut dia, lampu merah tersebut bisa efektif mengurangi kemacetan.

“Mobilitas di jalur Padang Lua cukup padat, selain menempatkan petugas alangkah baiknya traffic light kita aktifkan juga. Kita minta langkah ini segera dilakukan,” katanya.

Menurut Andri, kemacetan terjadi di jalur Padang Lua selain mobilitas cukup padat, juga diakibatkan kendaraan yang parkir sembarangan. Maka katanya ini juga harus diatasi.

Setelah pertemuan singkat itu, ia akan menyurati Polres Bukittinggi untuk berkolaborasi bersama pemerintah daerah menangani kendaraan yang parkir sembarangan.

“Selain langkah ini, kita juga akan arahkan pedagang yang berjualan di luar ke dalam pasar, supaya kemacetan betul-betul bisa dikurangi,” kata Bupati Andri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Agam, Handria Asmi menyatakan kesiapan untuk menempatkan petugas dalam mengatur lalu lintas di jalur Padang Lua.

“Kita akan kerahkan 10 personel, nanti akan diatur teknisnya,” ujar dia.

Sementara berkaitan dengan traffic light, kata dia, Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah III Sumbar telah menjelaskan bahwa traffic light di perempatan Padang Lua sudah tidak layak pakai.

“Alternatif yang diberikan pada kita, memindahkan traffic light yang ada di simpang Canduang ke perempatan Padang Lua. Ini membutuhkan waktu dan kita berupaya bisa segera dilakukan,” terangnya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Fadli Rahmadi, Pemuda Pelopor Asal Agam yang Maju Tingkat Nasional

Hal senada juga disampaikan Kepala Satpol PP-Damkar Agam, Dandi Pribadi, bahwasanya ia siap turunkan personel dan bersinergi dengan Dinas Perhubungan. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist