Arus Mobiliasi Nataru Makin Lancar, Ruas Jalan Tol Trans Sumatra Ini Dibuka Fungsional

Penulis: Redaksi

Medan, Padangkita.com – Sejumlah jalan tol baru akan disiapkan untuk mendukung kelancaran arus mobilisasi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Salah satunya adalah Seksi 1 Tebing Tinggi – Inderapura (20,40 km) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat.  Ruas tol ini telah siap difungsionalkan mendukung arus Nataru.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan, progres konstruksi Seksi 1 Tebing Tinggi – Inderapura saat ini sudah mencapai 95,36%.

Sehingga, kata dia, dapat digunakan secara fungsional bagi pengendara untuk melintas sementara waktu hingga selanjutnya dapat diresmikan dan dioperasikan secara penuh.

“Dibukanya jalan tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan mempercepat waktu tempuh berkendara saat liburan Nataru akhir tahun nanti. Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan BUJT untuk memastikan waktu pelaksanaan buka-tutup tol tersebut,” kata Triono, sebagaimana dikutip Padangkita.com dari situs resmi BPJT, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Triono, persiapan dan koordinasi bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) maupun stakeholder harus disiapkan dengan matang. Seperti posko bersama, kesiapan gerbang tol, rest area, petugas jalan tol, termasuk pihak keamanan yang berjaga untuk mengantisipasi selama fungsional jalan tol dilaksanakan.

Anggota Komisi V DPR Bob Andika Mamana Sitepu menyatakan masyarakat tentunya menyambut baik fungsionalisasi Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura tersebut. Ia mengimbau pemerintah dan BUJT untuk semakin meningkatkan aspek pelayanan baik pada ruas tol fungsional ini maupun ruas tol lainnya yang sudah operasional di Pulau Sumatra.

“Khususnya pada aspek pelayanan saat pembayaran di gerbang tol diharapkan tidak ada penumpukan antrean, juga tidak ada penumpukan kendaraan saat keluar dari tol menuju jalan non-tol agar masyarakat semakin aman dan nyaman selama melakukan perjalanan,” ujarnya.

Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat seluruhnya memiliki total panjang 143,25 km, terbagi menjadi 6 Seksi. Selanjutnya untuk Seksi 2 Inderapura – Kuala Tanjung (18,05 km) progres telah mencapai 72,91%, dan Seksi 3 Tebing Tinggi – Serbelawan (30 km) progres mencapai 66,24%.

Kemudian, Junction Tebing Tinggi (7,07 km) dengan progres mencapai 64,11% yang ditargetkan selesai konstruksinya pada Kuartal 1 tahun 2023.

Selanjutnya, Seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar (28 km) dengan progres mencapai 57,03% yang ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2023 mendatang. Ke-4 Seksi tersebut merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Sementara untuk Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok (22,30 km) dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat (16,70 km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Baca juga: Jalan Tol di Sumatra Utara Siap Digunakan Untuk Nataru, Ada Tambahan 20,4 Km

Untuk Seksi 1 – 4 merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5 – 6 merupakan dukungan pemerintah. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist