Api Pertama Terlihat dari Kios Saka Anau, Kerugian Kebakaran di Pasar Bawah Capai Rp2 Miliar

Padang, Padangkita.com – Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan kios pedagang di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari.

“Penyebab kebakaran belum diketahui. Masih dalam proses penyelidikan oleh Inafis Satreskrim Polres Bukittinggi dan Unit Reskrim Polsek Bukittinggi,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi Padangkita.com.

Meski demikian, kata dia, berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Pasar Kota Bukittinggi Isra Yonza, setidaknya ada 300 kios yang terbakar.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar. “Rinciannya, bangunan (kios) senilai Rp1 miliar, dan barang dagangan milik para pedagang senilai Rp1 miliar,” jelas Satake.

Lebih lanjut, dia menerangkan, berdasarkan keterangan dari saksi mata yang merupakan petugas ronda yang sedang melakukan patroli di Pasar Bawah, percikan api awalnya terlihat dari kios (gula) saka anau di pasar itu.

Kedua saksi melihat api membesar dan menyebar ke kedai lainnya. Mereka pun mencoba memadamkan api dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bukittinggi. Damkar datang selang sekitar 15 menit kemudian.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bukittinggi, Martius, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi tentang kebakaran itu pukul 02.05 WIB.

Pemadaman dibantu oleh Damkar dari daerah lainnya seperti Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, dan sebagainya.

Baca juga: Pemko Carikan Lokasi Penampungan Ratusan Pedagang Pasar Bawah yang Terdampak Kebakaran

Setelah berjibaku melawan api, pemadaman kebakaran pun selesai dilakukan pada pukul 05.30 WIB. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist