Apa itu Sprint Race, Format Baru Balapan MotoGP Seri 2023

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Balapan MotoGP seri tahun 2023 bakal menerapkan aturan atau format baru Sprint Race.

FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports resmi mengumumkan format baru untuk MotoGP 2023. Mulai musim depan setiap seri balapan akan digelar Sprint Race MotoGP.

Untuk diketahui, Sprint Race hadir untuk menambah daya tarik bagi para penonton dan penggemar MotoGP. Program baru MotoGP ini seperti meniru langkah yang dilakukan Formula 1 dan World Superbike (WSBK).

Kehadiran Sprint Race diharapkan menyuguhkan aksi yang lebih banyak dari para pembalap MotoGP di lintasan kepada para penonton.

Lalu apa itu Sprint Race MotoGP? Berikut penjelasan lengkap soal Sprint Race MotoGP, dikutip Padangkita.com dari Motogp.com.

Waktu

Sprint Race akan berlangsung pada hari Sabtu sore waktu setempat atau tepatnya pukul 15.00. Sprint Race akan digelar setelah sesi kualifikasi satu (Q1) dan dua (Q2) MotoGP.

Jumlah Lap

Jarak Sprint Race adalah 50 persen dari jumlah lap yang diperlombakan pada balapan MotoGP di seri tersebut.

Misalnya balapan MotoGP Mandalika yang digelar pada hari Minggu berlangsung selama 27 lap, maka Sprint Race yang berlangsung di hari Sabtu hanya digelar 13 lap.

Aturan

Peraturan yang terapkan dalam Sprint Race sama dengan regulasi yang digunakan untuk balapan MotoGP di hari Minggu.

Posisi Start

Penentuan starting grid pada Sprint Race dan MotoGP sama-sama ditentukan lewat kualifikasi yaitu Q1 dan Q2 yang digelar pada Sabtu.

Poin

Pemenang Sprint Race akan mendapatkan tambahan 12 poin atau setengah dari poin pemenang di MotoGP yaitu 25 poin. Sementara, peringkat kedua akan mendapat sembilan poin dan posisi ketiga akan meraih tujuh poin.

Sedangkan peringkat keempat akan mendapat enam poin, peringkat kelima dapat lima poin, peringkat keenam dapat empat poin, peringkat ketujuh dapat tiga poin, peringkat kedelapan dapat dua poin, dan peringkat ketiga dapat 1 poin.

Untuk mengakomodasi Sprint Race, format akhir pekan MotoGP akan sedikit diubah. Dua sesi latihan tetap berlangsung pada hari Jumat, tetapi akan diperpanjang. Hasil gabungan FP1 dan FP2 akan menentukan siapa yang lolos ke sesi kualifikasi 2 atau harus melalui kualifikasi 1 dulu.

Baca Juga: Jadi Sorotan Dunia, Ternyata Segini Bayaran Pawang Hujan MotoGP Mandalika Rara Wulandari

Pada Sabtu pagi, sesi latihan bebas 3 berlangsung selama 30 menit sebelum kualifikasi. Peran FP3 ini akan sama seperti sesi FP4 saat ini. Live streaming MotoGP Austria, Minggu (21/8/2022) siaran langsungnya bisa ditonton di Trans7. [*/isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist