Berita

Anugerah KPI 2023, Padang TV Raih Penghargaan Televisi Lokal Terbaik

×

Anugerah KPI 2023, Padang TV Raih Penghargaan Televisi Lokal Terbaik

Sebarkan artikel ini
Pemred Padang TV Nasharian Bahzein menerima penghargaan kategori Televisi Lokal terbaik 2023. [Foto: Dok. Padang TV]

Jakarta, Padangkita.com Malam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun 2023 berlangsung meriah di Ballroom Ayana Midplaza Jakarta Minggu (26/11/2023) malam. Ajang apresiasi kali ini mengangkat tema ‘Ecobroadcasting’ untuk  25 kategori.

Anugerah diberikan untuk siaran, insan penyiaran, kepala daerah dan KPID guna mendorong lembaga penyiaran menyiarkan secara masif mengenai lingkungan, sehingga terjadi perdebatan publik yang konstruktif dan menumbuhkan kesadaran masyarakat.

Setelah melalui proses penjurian, tahun ini Padang TV meraih penghargaan untuk kategori Televisi Lokal Terbaik 2023. Padang TV menyisihkan seratusan televisi lokal lainnnya di Indonesia.

Penghargaan diterima Pemimpin Redaksi Padang TV Nashrian Bahzein. Hadir juga pada penyerahan penghargaan tersebut, Komisaris Padang TV Emar Pasha.

“Ini berkat kerja keras dan kolaborasi Padang TV yang solid dengan seluruh stakeholder di Sumbar. Bukan saja dengan pemerintah ddaerah dan KPID Sumbar, tapi dengan seluruh masyarakat Sumbar,” kata Emar Pasha.

Nashrian Bahzein mengaku Padang TV baru kali pertama mengikuti ajang Anugerah KPI Pusat, dan langsung menjadi pemenang.

“Kerja keras seluruh tim Padang TV dalam melahirkan konten dan karya-karya berkualitas dan bermanfaat selama ini, tentunya bukan untuk mengejar penghargaan, melainkan untuk kepentingan publik sebagai tanggung jawab media,” kata Nashrian Bahzein yang juga mantan Pemred Padang Ekspres.

Direktur Operasional Padang TV Rita Gusveniza menambahkan, sebagai satu-satunya televisi lokal yang bertahan di Sumatra Barat (Sumbar), bertanggung jawab dalam mendorong pembangunan dan kemajuan  Sumbar.

“Hadirnya televisi lokal di era reformasi ini salah satunya agar pelaksanaan otonomi daerah berjalan sukses. Padang TV pun punya komitmen besar untuk mewujudkan itu dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak,” kata Rita Gusveniza.

Ketua KPID Sumbar Robert Cennedy yang juga hadir lengkap bersama seluruh komisioner, berharap penghargaan yang diterima Padang TV, makin memotivasi dan menginspirasi insan-insan penyiaran, baik televisi maupun radio di Sumbar, melahirkan karya-karya berkualitas ke depannya.

Sementara itu, untuk kategori  KPID Terinovatif diraih KPID Sumbar, karena dinilai aktif menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder penyiaran dalam mendorong konten siaran berkualitas.

Adapun 25 kategori anugerah yang diperlombakan, yaitu Kategori Program Talkshow Televisi, Kategori Program Talkshow Radio, Kategori Program Berita Televisi, Kategori Program Berita Radio, Kategori Program Variety Show Televisi, dan Kategori Program Variety Show Radio.

Kemudian, Kategori Program Wisata dan Budaya Televisi, Kategori Program Wisata dan Budaya Radio, Kategori Program Peduli Perempuan Televisi,  Kategori Program Peduli Perempuan Radio, Kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan TV, Kategori Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan Radio, dan Kategori Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal TV.

Selanjutnya, Kategori Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal Radio, Kategori Program Siaran Drama Seri Televisi, Kategori Program Siaran Drama Seri Radio, Kategori Program Peduli Disabilitas Televisi, Kategori Program Peduli Disabilitas Radio, Kategori Program Peduli Lingkungan Televisi, Kategori Program Peduli Lingkungan Radio, Kategori Radio Komunitas Terbaik, Kategori TV Lokal Terbaik, Kategori KPID Inovatif dan Kolaboratif, Kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran, dan Kategori Lifetime Achievement Award

Ketua KPI Pusat Ubaidillah mengatakan dipilihnya ‘Ecobroadcasting’ sebagai tema Anugerah KPI 2023 merupakan salah satu ikhtiar KPI untuk mendorong penyadaran serta membangun kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan. Melalui isi siaran, lanjutnya, pesan-pesan edukasi dan kepedulian tersebut dapat disampaikan secara mudah ke masyarakat.

“Bagaimana menjelaskan kepada masyarakat luas mengenai penting dan fundamentalnya kesadaran akan isu lingkungan. Pandangan ini yang kemudian membuat kami yakin bahwa salah satu yang perlu dilakukan adalah pengelolaan tata informasi lingkungan yang menyeluruh dan utuh kepada masyarakat melalui lembaga penyiaran,” kata Ubaidillah.

Baca juga: Perjuangan Pers Sumatra Barat: Berita Disensor, Wartawan Ditahan, Kantor Diteror, Mesin Cetak Dihancurkan

Pelaksanaan penjurian Anugerah KPI 2023 berlatar kepakaran yang beragam, meliputi DPR dan MPR RI, Anggota KPI Pusat, Perwakilan Kementerian dan Lembaga, serta perwakilan masyarakat. [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News