Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Seluruh Daerah di Sumbar Sepakat Dukung Nagari Tageh

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seluruh daerah di Sumbar sepakat membangun nagari tageh Covid-19.

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) bersama Pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar komitmen menciptakan nagari atau desa tageh Covid-19.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan deklarasi dukungan nagari tageh oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi bersama bupati dan wali kota se-Sumbar.

“Mereka (bupati dan wali kota) sudah berkomitmen menciptakan nagari atau desa yang tageh Covid-19, terutama tageh kesehatan,” ujar Audy di Mapolda Sumbar, Jumat (7/5/2021).

Menurut Audy, hal ini cukup suksus menekan angka positif Covid-19 di Sumbar, terutama dalam mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran Covid-19 serta penanganannya.

“Ada contoh di daerah Pasir Laweh, Kabupaten Agam yang sudah bisa membuat rumah isolasi mandiri, dan semua yang positif diisolasi di sana. Mereka juga melakukan tracking dan tes swab massal,” ucap Audy.

Menurut Audy, daerah Pasir Laweh, Kabupaten Agam yang sebelumnya telah dulu menciptakan nagari tageh itu patut menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk membangun nagari tageh Covid-19 ini.

“Jadi ini akan kita aplikasikan di setiap daerah, setiap daerah itu wajib ada tempat isolasinya, mulai dari tingkat daerah hingga ke nagari,” jelasnya.

Baca juga: Program Nagari Tageh 2021 Fokus Pada Kebangkitan Ekonomi Warga

Soal anggaran, tambah Audy, setiap nagari atau desa dapat menggunakan dana desa masing-masing untuk menciptakan nagari tageh ini. “Dana desa delapan persen, dan kami juga minta APBD kabupaten dan kota juga dialokasikan untuk itu,” kata Audy. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler