Antisipasi Lonjakan Pemudik, ALS Tambah Armada 3 Kali Lipat

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – H-9 jelang hari Lebaran Idul Fitri 1443 H, masyarakat yang akan mudik mulai mendatangi Pool Bus Akap di Kota Padang, Sumbar.

Diantaranya Pool Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Jurusan Padang – Medan yang berada di kawasan By Pas, Kecamatan Lubuk Begalung, yang mulai meningkat namun belum begitu signifikan.

Pantauan di lokasi, masyarakat sudah banyak yang memesan tiket untuk mudik, bahkan ada yang telah memilih mudik lebih awal. Sementara itu, untuk antisipasi membludaknya penumpang, pihak bus akan menambah armada hingga tiga kali lipat dari hari biasa.

Salah seorang pemudik, jurusan medan, ade ramhadani menyebutkan, dirinya sudah dua tahun tidak pulang kampung lantaran pandemi. Karena pandemi mulai melandai dirinya baru bisa pulang kampung. Disamping itu memilih mudik lebih awal lantaran khawatir terjebak macet serta takut tidak kebagian tiket, terlebih saat initiket pesawat yang mahal sehingga banyak pemudik yang memilik mudik melalui jalur darat.

Diketahui, terkiat aturan untuk syarat keberangkatan, penumpang wajib memakai masker serta minimal harus vaksin ke dua.

Sementara itu, Kepala Perwakilan ALS Padang, Haris menyebutkan, menyambut lebaran kali ini pihak PT. ALS akan menambah armadanya. Biasanya setiap hari bus berangkat tiga unit bus, namun pada tanggal 28 sampai 30 april armada akan ditambah menjadi 6 sampai 8 unit sehari.

Baca Juga: Amankan Pemudik, Polda Sumbar Kerahkan Sniper di Lokasi Rawan Kejahatan

“Karena pada tanggal tersebut puncaknya arus mudik, untuk rute mudik yang mendominasi ketika jelang lebaran rute dari padang, medan, jakarta dan daerah lain di pulau jawa,” ujar dia. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist