Andre Rosiade Bantu Program Bedah Rumah di Tanah Datar

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Program bedah rumah bertema Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dibawa anggota DPR RI, Andre Rosiade ke Sumbar mulai dirasakan warga. Teranyar, puluhan warga Tanah Datar mendapatkan program untuk merehab rumah tidak layak huni menjadi layak huni.

Padang Senin (30/8/2021) digelar penyerahan buku tabungan penerima BSPS untuk Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

15 orang penerima di nagari itu sangat senang, karena sudah lama menanti rumah mereka diperbaiki. Program ini dinilai sangat cocok untuk mereka yang rumahnya sudah tak layak lagi.

Hadir dalam acara di Kantor Wali Nagari Batipuh Baruah itu Ketua DPRD Tanah Datar, Roni Mulyadi, Wakil Ketua Gerindra Sumbar Nurhaida, Pj Wali Nagari Batipuh Baruah Yulia Wastini, Kasi Kesra Kecamatan Batipuh Remon Sastra, PPK Rumah Swadaya Satker Penyediaan Perumahan Sumbar Mardianto dan Manajer Supervisor Marketing BNI Padang Rayendra S Husein.

Pj Wali Nagari Batipuah Baruah, Yulia mengucapkan terima kasih atas kegiatan rehab rumah ini.

“Ini adalah kegiatan yang sangat baik dari pak Andre Rosiade. Terima kasih telah menunjuk Nagari Batipuh Baruah yang terdiri dari 11 jorong, penduduk mendekati 10 ribu dan KK 3.041 menerima program. Ada 15 KK penerima BSPS di daerah ini,” ujarnya.

Dia berharap, semua tahapan akan dilewati dengan baik, termasuk pendampingan dari Ketua DPRD Tanahdatar. “Semoga ke depan rumah-rumah tak layak berkurang. Warga bisa mendapatkan rumah yang lebih baik. Semoga program ini berkelanjutan,” ungkapnya,.

Camat Batipuh, diwakili Remon Sastra berterima kasih atas kepercayaan anggota DPR RI Andre Rosiade ke kecamatan Batipuh dalam program ini.

“Kami juga menyampaikan terima kasih dari Camat Batipuh kepada pak Andre Rosiade, semoga berkenan mampir di Batipuh ini,” paparnya.

Remon mengharapkan para penerima bisa manfaatkan program ini dengan baik. Agar rumah tak layak ini benar-benar bisa jadi layak huni.

“Jangan sampai ada yang tidak selesai. Karena ini sifatnya stimulan dan tetap dibantu oleh swadaya dan bantuan lain-lain. Sehingga bantuan ini bermanfaat. Semoga tahun tahun depan pak Andre Rosiade tetap memberikan program gang sama untuk Batipuh di semua nagari,” katanya.

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nurhaida menyebutkan, program bedah rumah Andre Rosiade tersebar di Kota Padang, Tanahdatar dan Dharmasraya.

“Bedah rumah ini sangat dinanti masyarakat Sumbar, apalagi di tengah pandemi ini. Tak banyak warga yang memperbaiki rumah sekarang. Bantuan ini sangat bermanfaat,” ujar Nurhaida yang juga Sekretaris DPD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Ketua DPRD Tanah Datar, Roni Mulyadi juga mengharapkan bantuan ini bisa tuntas agar berlanjutan tahun-tahun berikut. Katanya, program ini adalah bagian dari aksi nyata Andre Rosiade untuk daerah pemilihannya.

“Kami melihat ini kesempatan kita untuk membantu warga yang rumahnya tak layak agar layak. Semoga bisa dimaksimalkan dan tuntas semua. Agar tahun depan kita bisa kembali mendapatkannya,” ujarnya.

PPK Rumah Swadaya Satker Penyediaan Perumahan Sumbar Mardianto mengatakan Serbutab atau serah terima buku tabungan adalah langkah awal dimulainya pekerjaan rehab rumah. Dia mengakui, program di Sumbar ini adalah bagian dari aspirasi dari anggota Komisi 6 DPR RI Andre Rosiade.

“Pak Andre Rosiade dengan serius memperjuangkan programnya untuk Sumbar. Juga Ketua DPRD Roni Mulyadi yang menjadi perwakilan pak Andre Rosiade di Tanah Datar. Selain itu, pesan Pak Menteri di tengah pandemi, kita masih bisa memberikan program adalah sesuatu yang berkah. Tentu ini adalah campur tangan Allah,” katanya.

Mardianto ingin, rumah yang dibantu ini selesai dan bisa dihuni. “Jangan sampai rumah dibedah malah yang punya ngontrak karena tak tuntas. Kami akan kawal dari pembelian bahan material sampai tuntas. Utamakan tukang setempat, bukan tukang dari luar. Apalagi masih pandemi dan di Batipuh Baruah ini juga masih masuk zona hijau,” ucapnya.

Manajer Supervisor Marketing BNI Padang Rayendra S Husein menyebutkan, usai Serbutab ini dana akan disampaikan kepada penerima program BSPS.

Baca juga: Stroke dan Terbaring Sejak 7 Tahun yang Lalu, Lansia di Nanggalo Padang Dibantu Andre Rosiade

“Kami semua orang di BNI siap membantu semua penerima program. Bahkan akan melibatkan kantor BNI yang terdekat. Untuk Batipuah Baruah ini mungkin lebih dekat ke Padang Panjang,” katanya yang juga didampingi Andika dari BNI Batusangkar. [adv]

Terpopuler

Add New Playlist