Berita

Andre Rosiade Bagikan 10.000 Masker untuk Warga Sekitar Gunung Marapi

×

Andre Rosiade Bagikan 10.000 Masker untuk Warga Sekitar Gunung Marapi

Sebarkan artikel ini
TRC Gerindra membagikan masker untuk warga yang bermukim di sekitar Gunung Marapi yang megalami erupsi. [Foto: Dok. Ist.]

Padang, Padangkita.com Gunung Marapi di Sumatra Barat (Sumbar) mengalami erupsi, Minggu (3/12/20230. Dilaporkan, sejauh ini telah ditemukan 11 orang pendaki meninggal dunia akibat erupsi tersebut.

Kemudian, abu vulkanik yang disemburkan Gunung Marapi berdampak ke daerah di sekitar gunung api aktif tersebut.

Merespons bencana tersebut, anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade langsung menurunkan tim reaksi cepat (TRC) Gerindra ke lokasi. Tim ini dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok untuk bantu evakuasi dan satu kelompok lagi untuk bagi masker.

“Kita membagikan 10.000 masker untuk masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi ini karena dampak abu vulkaniknya sampai ke permukiman penduduk,” kata Koordinasi TRC Partai Gerindra Sumbar, Zulkifli, Senin (4/12/2023).

Zulkifli yang juga Wakil Sekretaris DPD Gerindra Sumbar mengungkapkan, saat ini tim tersebut sudah mulai melakukan tugasnya di lokasi. Tim pembagian masker juga sudah memecah kelompok ke masing-masing daerah di sekitaran Gunung Marapi untuk membagikannya kepada masyarakat.

“Sementara, ada tim yang ikut membantu evakuasi para survivor yang masih berada di gunung. Saat ini kita menunggu di tim evakuasi BKSDA Pesanggrahan,” jelas Zulkifli yang juga Ketua Komite Peduli Bencana (KPB) Kota Padang.

Informasi dari Basarnas, jumlah pendaki yang selamat dan berhasil didata tim gabungan berjumlah 75 orang, dengan 49 orang di antaranya berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat.

Sebagian dari pendaki yang dievakuasi tersebut dibawa ke rumah sakit di Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara, beberapa pendaki telah kembali ke rumah masing-masing.

“Saat ini tim masih dalam proses evakuasi dari puncak Gunung Marapi ke bawah,” kata dia.

Baca juga: Kandang SPFC Stadion Agus Salim Tak Kunjung Direnovasi, Andre Rosiade Beri Penjelasan

Tim gabungan juga masih konsentrasi mencari pendaki yang belum diketahui keberadaannya. Terkait 11 korban meninggal dunia, SAR Padang belum bisa menyampaikan identitas korban karena masih dalam tahap pendataan. [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News