Andre Rosiade Antarkan Bantuan Rp1,4 M Untuk Korban Gempa Pasbar, Siap Bantu Rehab-Rekon

Andre Rosiade Antarkan Bantuan Rp1,4 M Untuk Korban Gempa Pasbar, Siap Bantu Rehab-Rekon

Andre Rosiade mengantarkan bantuan Rp1,4 miliar untuk korban gempa di Pasbar. [Foto: Ist.]

Simpang Empat, Padangkita.com - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade terus menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Tak tanggung-tanggung, Sabtu (5/3/2022), Andre mengantarkan bantuan langsung ke lokasi pusat gempa di Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar senilai Rp1,4 miliar.

“Alhamdulillah, kami datang sebagai Anggota DPR RI yang ditugaskan Pak Prabowo Subianto di Komisi VI yang bermitra dengan BUMN. Kami datang membantu meringankan bantuan untuk masyarakat Pasbar dengan menggalang bantuan dari 10 BUMN senilai total Rp1,4 miliar,” kata Andre Rosiade di posko bantuan Kajai bersama Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Eriyanto, Ketua DPC Gerindra Pasbar Maryanto dan juga perwakilan 10 BUMN.

Menurut Andre, bantuan yang diantarkannya langsung ke posko pengungsi itu berasal dari Bank Mandiri Rp250 juta, BRI Rp250 juta, BNI Rp150 juta, Pertamina Rp150 juta, Telkomsel Rp100 juta, Pelindo Rp100 juta, PTPN Rp100 juta, Pupuk Indonesia Rp100 juta, Semen Indonesia 1.500 sak semen (setara Rp100 juta) dan Hutama Karya Rp100 juta.

Andre Rosiade menyebutkan, sebagai mitra BUMN berterima kasih atas bantuan 10 BUMN. Dia juga mendoakan semoga Menteri BUMN Erick Thohir cepat sehat dan kembali pulih pasca-teriveksi Covid-19.

“Hari ini kita antarkan Rp1,4 miliar. Namun yang paling penting adalah pascatanggap darurat ini. Kami dari Partai Gerindra tidak akan tinggal diam dan akan terus fokus menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon),” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Bahkan, DPP Partai Gerindra, sebut Andre, sudah menugaskan anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 Ade Rezki Pratama yang saat ini berada di Komisi IX pindah ke Komisi V yang bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk menuntaskan persoalan pascagempa di Pasbar dan Pasaman.

“Ade Rezki Pratama adalah anggota DPR RI asal Dapil 2 yang mulai 15 Maret 2022 ini pindah ke Komisi V. Tugasnya mengawal rehab-rekon Pasaman dan Pasbar. Partai Gerindra berkontribusi positif untuk masyarakat. Insya Allah Ade Rezki akan mengawal pembangunan. Terima kasih Pak Bupati dan anggota DPRD Sumbar Bu Yunisra dan Bang Juntak yang hadir.”

“Juga Ketua DPC Gerindra Pasbar Pak Maryanto sebagai tuan rumah. Kami tunggu SK dari Bupati Pasbar untuk segera melakukan pembangunan kembali,” kata Andre pada acara yang juga dihadiri dua anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Dapil IV (Pasaman-Pasbar) Khairudin Simanjuntak dan Yunisra Syahiran.

Ketua Pemuda Kajai Nislam mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Andre Rosiade yang langsung datang ke lokasi untuk menyerahan bantuan.

“Terima kasih pak Andre Rosiade yang langsung datang ke Kajai melihat kami yang terkena musibah ini. Semoga jadi amalan dan berkah bagi kita semua,” katanya.

Ketua Satgas Bencana BUMN Sumbar M Atif Faturrahmah yang juga Kadivre Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar menyebutkan, BUMN sudah hadir sejak hari pertama gempa terjadi pekan lalu.

“Kami harap apa yang kami lakukan dan berikan bermanfaat bagi masyarkat. Sehingga proses pemulihan lebih cepat. Lebih tanggap. Terima kasih kepada pak Andre Rosiade yang juga langsung turun ke lokasi,” katanya.

Ketua DPRD Pasbar Eriyanto berterima kasih kepada Andre Rosiade yang sudah datang bersama-sama dengan BUMN mengantarkan bantuan.

“Tentunya hari ini kita tidak sebatas yang dibawa hari ini saja. Tapi kami mewakili Pasbar banyak yang harus disampaikan. Banyak dampak. Ada 15 ribu warga terdampak gempa. Baik tempat ibadah, infrastruktur, jalan, jembatan dan lainnya. Semoga  bisa kembali hidup layak,” katanya.

Eriyanto mengatakan, untuk kebutuhan sembako cukup banyak bantuan yang terus berdatangan. Namun, untuk rumah-rumah, setidaknya ada 5.000 rumah tak layak huni karena usak berat.

“Pastinya ini tak selesai oleh APBD Pabar saja. Karena itu kami ingin masalah ini dibawa ke pusat oleh bang Andre Rosiade. Agar Pasbar kembali baik,” kata kader Gerindra.

Anggota DPRD Sumbar Yunisra menyebut salut karena Andre Rosiade bisa langsung turun ke posko-posko pengungsi korban gempa. Masyarakat antusias sekali menyambut kedatangan Andre Rosiade.

“Setelah dari lokasi berkumpul di Rumah Dinas Ketua DPRD sekaligus memberikan arahan yang sangat semangat dan luar biasa dari pak Andre. Terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang dibawa, semoga bermamfaat dan pak Andre lebih sukses lagi,” katanya.

Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade.

“Terima kasih meluangkan waktu datang ke Kajai, Pasbar. Harapan kita, dengan kehadiran pak Andre Rosiade, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar. Karena masih ada ribuan rumah yang rusak karena gempa. 15 ribu orang mengungsi. Ada pengungsian di halaman Kantor Bupati dan Rumah Bupati dan lain-lain. Ada juga yang mengungsi sendiri di sekitar rumah. Bahkan, di halaman kantor Bupati ada 2.800 pengungsi dan sisanya bertebaran di luar,” katanya.

Bupati juga mohon maaf masih ada pengungsi yang belum tersentuh. Mungkin karena jauh tak melapor dan lainnya.

“Kami harapkan bersama pak Andre kita menyentuh semua warga yang terdampak. Harapan kira, pasca-tanggap darurat, selanjutnya rehab Rekon. 70 orang pendata dari Unand sedang bekerja. Semoga segera tuntas pendataan dan dapat dibangun kembali. Mencari lokasi hunian sementara atau hunian tetap. Mau pindah atau dibangun di rumah itu juga,” katanya.

Saat di lokasi, Andre Rosiade juga sempat berdialog dengan para korban gempa yang rumahnya rusak berat. Seperti Yuhasna, 66 tahun dan Mukhlis, 67 tahun, yang berada di Jorong Limau Puruik, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau. Andre mendengar dengan baik dan memberikan motivasi untuk tetap bersabar dalam menghadapi cobaan.

Kata Yuhasna, dia tinggal di rumah itu bersama anak, menantu dan cucu-cucunya, total delapan orang.

“Hari itu kami semua tak ada yang di rumah, ada yang ke sawah, ke pasar dan sekolah. Rumah benar-benar hancur dan tidak bisa dipakai lagi. Begitu juga sekitar 20-an rumah di sekitar ini yang masih sanak famili kami Suku Mandahiling,” katanya.

Andre Rosiade menyebutkan, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk mempercepat bantuan rehab-rekon di Pasbar.

Baca juga: Andre Rosiade Berbagi Ratusan Nasi Kotak Jumat Berkah di Nanggalo

“Kami turut berduka dengan kejadian yang menimpa masyarakat Kaja Pasbar. Semoga semua bisa bersabar dan Pemda, DPRD dan DPR RI bisa bahu-membahu membangun kembali rumah-rumah warga,” katanya. [*/pkt]

Baca Juga

Puan Cek Kesiapan Venue Pertemuan Parlemen Internasional Forum Air Dunia di Bali
Puan Cek Kesiapan Venue Pertemuan Parlemen Internasional Forum Air Dunia di Bali
Andre Rosiade: Tak Perlu ada Keraguan lagi, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
Andre Rosiade: Tak Perlu ada Keraguan lagi, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
Ledia Hanifa soal Pendidikan Tinggi 'Tertiary Education': Pernyataan Sembrono, tidak Solutif
Ledia Hanifa soal Pendidikan Tinggi 'Tertiary Education': Pernyataan Sembrono, tidak Solutif
‘Study Tour’ Pelajar Dilarang, Hetifah: Tidak Menyasar Pokok Masalah
‘Study Tour’ Pelajar Dilarang, Hetifah: Tidak Menyasar Pokok Masalah
MKD DPR RI Apresiasi Usulan RUU Etika bagi Penyelenggara Negara
MKD DPR RI Apresiasi Usulan RUU Etika bagi Penyelenggara Negara
Andreas Huga Minta Pemerintah Tinjau Ulang Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024
Andreas Huga Minta Pemerintah Tinjau Ulang Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024