AMSI Pusat: Media Harus Bebas dari Kepentingan Politik dan Bisnis

Penulis: J Sastra
Konferensi Wilayah I AMSI Sumbar, Selasa (07/11/2017). (Foto: Padangkita.com)

Padangkita.com – Pemimpin Redaksi Covesia.com Yonda Sisko terpilih sebagai Ketua Asosia Media Siber Indonesia (AMSI) Sumatera Barat. Keputusan tersebut diambil dalam Konferensi Wilayah I AMSI Sumbar yang diikuti 13 media online Sumbar di Hotel Fave Padang, Selasa (07/11/2017).

Yonda terpilih secara aklamasi setelah Pemred HaloSumbar.com Donal Chaniago dan Pemred Klikpositif.com Andika Destika Khagen mundur dari pencalonan.

“Terima kasih atas dukungan kawan-kawan. Kepercayaan ini adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik,” ujar Yonda usai pemilihan.

Yonda mengatakan, selanjutnya AMSI Sumbar akan menyusun program kerja dan membentuk kepengurusan. Dia pun berharap setelah tergabung dengan AMSI media siber di Sumbar bisa menjadi media profesional, kredibel, dan independen.

Koordinator Wilayah Sumatera AMSI Agus Perdana mengatakan, Sumatera Barat adalah provinsi kedua setelah Riau tempat dideklarasikannya AMSI wilayah dan provinsi kesembilan secara nasional.

Agus pun berharap agar pengelola media online lainnya di Sumbar bisa bergabung dengan AMSI. Syaratnya, media yang bersangkutan sudah berbadan hukum di bidang perusahaan pers.

“Dengan menjadi anggota AMSI, media bisa mendapatkan jaringan secara nasional dan saling berbagi pengetahuan soal konten dan bisnis. Selain itu, AMSI juga akan memberikan advokasi kepada anggotanya yang terjerat kasus hukum,” kata CEO kabarmedan.com ini.

AMSI dideklarasikan di Jakarta pada April 2017. Tahun ini, kata Agus, AMSI menargetkan terbentuknya AMSI tingkat wilayah di 15 provinsi dengan minimal 200 anggota. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi AMSI untuk bisa mendaftar sebagai konstituen di Dewan Pers.

Sebelumnya saat membuka konwil, Ketua Bidang Departemen Organisasi dan Keanggotaan AMSI Pusat Suwarjono mengatakan, saat ini ada 43 ribu media siber di Indonesia. Namun, media yang terverifikasi oleh Dewan Pers baru 200 media.

“Media harus bebas dari kepentingan politik dan bisnis,” ujarnya.

Berikut ini media online yang sudah tergabung dalam AMSI Sumbar: Covesia.com, Redaksisumbar.com, Klikpositif.com, Pasbana.com, Padangkita.com, Sumbarsatu.com, Mentawaikita.com, Ranah.id, Sudutpayakumbuh.com, Beritanagari.com, Kabarpadang.com, HaloSumbar.com, dan GoSumbar.com.

Terpopuler

Add New Playlist