Aksi Pungli di Jalan Lintas Sumatra Viral, 6 Pelaku Diringkus Polisi

Penulis: Fuadi Zikri

Muaro Sijunjung, Padangkita.com – Polisi meringkus enam orang pemuda yang melakukan aksi pungutan liar atau pungli di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum), di Nagari Tanjung Lolo, Kabupaten Sijunjung, Senin (9/8/2021).

Para pelaku yang diamankan ini diduga juga melakukan aksi premanisme dan pemalakan di kawasan tersebut. Salah satu aksi mereka, ketika memalak seorang sopir truk terekam video dan kemudian viral di media sosial.

Kasat Reskrim Polres Sijunjung, AKP Abdul Kadir Jailani mengatakan, para pelaku yang diamankan itu berinisial DA, 38 tahun, Wo, 27 tahun, Ji, 18 tahun, GG, 20 tahun, Hn, 36 tahun dan RS, 28 tahun. Semuanya adalah warga setempat.

“Mereka melakukan aksi premanisme dan pemalakan, serta pungli di jalan buka tutup perbaikan Jalan Lintas Sumatra di Nagari Tanjung Lolo itu,” ujar Abdul dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Selasa (10/8/2021).

Abdul menyebutkan, dalam penangkapan itu pihaknya memergoki para pelaku tengah melancarkan aksinya pukul 17.00 WIB. Pelaku meminta uang kepada para pengguna jalan dan mengumpulkannya dengan sebuah ember.

“Dari para pelaku kami dapatakan sejumlah barang bukti berupa uang tunai Rp204.000, dan sebuah ember yang digunakan untuk menampung uang,” terang Abdul.

Ia menambahkan, setelah diamankan, para pelaku langsung dibawa ke Mapolres Sujunjung untuk diperiksa lebih lanjut terkait tindakan yang mereka lakukan. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist