Akomodir Sasaran Kinerja Wali Kota Padang, Ini yang Diminta Sekda Amasrul ke OPD

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sekda Kota Padang meminta agar OPD ebih mengukur penyusunan dan usulan RKPD 2022.

Padang, Padangkita.com – Demi mengakomodir sasaran kinerja wali kota, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul meminta perangkat daerah untuk lebih mengukur penyusunan dan usulan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022.

Menurut Amasrul, ada sebanyak sasaran kinerja Wali Kota Padang untuk tahun 2022.

Hal itu disampaikan Amasrul dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penyusunan RKPD tahun 2022 di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Senin (8/3/2021).

“Forum OPD merupakan salah satu rangkaian dalam penyusunan dokumen RKPD dan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Tahunan Perangkat Daerah (Renja) perangkat daerah untuk periode 2022. Dalam forum ini setiap usulan masyarakat pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) beberapa waktu lalu akan dibahas bersama untuk diakomodir dalam Renja OPD 2022,” ujar Amasrul.

Dia mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun ke-3 dalam periode pembangunan jangka menengah Kota Padang, dengan demikian pembangunan yang akan direncanakan di tahun tersebut haruslah merefleksikan visi-misi wali kota terpilih.

Setiap usulan program dan kegiatan di 2022, sambung Amasrul, harus dipastikan lebih terukur dalam memberikan dorongan pada capaian kinerja utama Pemerintah Kota Padang.

Hal ini, jelas Amasrul, juga merupakan tekad dari Pemko Padang untuk memperoleh Nilai Sakip A.

Maka, katanya, sinergi antar perangkat daerah akan lebih diperhatikan guna pencapaian sasaran kinerja pemerintah Kota Padang dari sembilan program yang sudah disepekati saat konsultasi publik Ranwal RKPD tahun 2020, Febuari lalu.

“Sembilan prioritas pembangunan Kota Padang yaitu, peningkatan dan pengembangan kualitas sistem pendidikan, peningkatan dan penataan infrastruktur, peningkatan penataan ruang dan pembangunan kawasan pemukiman, pembangunan ekonomi, pengembangan industri pariwisata, optimalisasi mitigasi bencana, peningkatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan iklim investasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Amasrul, seluruh perangkat daerah harus menetapkan target setiap program kegiatan dan sub kegiatan yang akan direncanakan untuk dilaksanakan pada 2022.

Baca juga: Plt Wali Kota Padang Launching Vaksinasi Tahap 2 di Andalas, Ini Harapannya

“Sehingga yang direncanakan tersebut tidak ada yang tidak berhubungan dengan pencapaian visi misi Kota Padang sebagai Kota yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, dan pariwisata unggul serta berdaya saing,” katanya. [*/zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist