Agam Punya Gedung Perpustakaan Megah, Bakal Diresmikan Maret Mendatang

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Kabupaten Agam kini punya gedung perpustakaan yang megah dengan skala nasional. Gedung ini rencananya akan diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Agam, M. Arsyid, menyebutkan, gedung perpustakaan itu telah rampung pada Desember 2021, melalui DAK Perpusnas dengan pagu anggaran Rp9,5 miliar.

“Kini kita tengah mempersiapkan acara peresmian. Dijadwalkan peresmian tanggal 8 Maret 2022 oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando,” ujarnya melalui situs resmi Kabupaten Agam.

Ia menjelaskan, pihaknya berupaya agar acara peresmian gedung yang berdiri megah di kompleks perkantoran Pemerintahan Kabupaten Agam itu berlangsung meriah, sebagai wujud antusias pemerintah dan masyarakat menyambut keberadaan gedung perpustakaan daerah itu.

“Dalam peresmian nanti kita akan gelar beragam kegiatan, yang diikuti langsung oleh Kepala Perpusnas, Bupati Agam dan lainnya,” ujar M. Arsyid.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, antara lain pengukuhan bunda literasi, yang diamanahkan pada Ketua TP-PKK Agam, Ny, Yennita Andri Warman, talk show bersama penggiat literasi, pengelola taman baca dan rumah baca, dengan narasumber Kepala Perpusnas, Bupati Agam, Ketua DPRD Agam, bunda literasi dan perguruan tinggi.

Selanjutnya, penandatanganan kerja sama tentang perpustakaan antara perguruan tinggi dengan Perpusnas, penyerahan penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka pada Founder Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) Gadut, serta penghargaan perpustakaan desa terbaik nasional.

“Untuk penghargaan perpustakaan desa terbaik ini diserahkan pada Perpustakaan Nagari Lubuk Basung, Sungai Pua, Sariak dan Manggopoh,” terangnya.

Untuk mematangkan persiapan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama beberapa OPD yang dimpin Asisten III Setdakab Agam, Junaidi Dt Gampo Alan Nan Hitam, di ruang rapat Bupati Agam.

Junaidi minta acara peresmian didukung penuh oleh OPD yang terlibat dalam kegiatan itu, serta mempertanggungjawabkan tugasnya masing-masing untuk kelancaran acara tersebut.

Baca juga: 2.426 Pelajar Kabupaten Agam Telah Divaksin Dosis Pertama 

“Beberapa hari menjelang acara kita akan rapat finalisasi, supaya persiapan betul-betul matang dan tidak ada lagi permasalahan,” ujar dia. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist