Agam Borong Juara I Lomba Perikanan Tingkat Sumatra Barat

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Dalam rangkaian peringatan Hari Nusantara tingkat Sumatra Barat, Pemerintah Kabupaten Agam kembali meraih prestasi di bidang perikanan tingkat Sumatra Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, melalui Kabid Budidaya DPKP Agam, Doni Afdison.

“Ada 7 kategori perlombaan yang digelar, Alhamdulillah 4 diantaranya Pemkab Agam keluar sebagai juara I,” ujarnya Jumat (23/12/2022)

Ke 4 kategori tersebut adalah, juara I lomba Kelompok Usaha Bersama (KUB) kategori lomba bidang perikanan tangkap, diraih oleh KUB Harapan Bersama, di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kemudian Juara I lomba kinerja Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) kategori lomba bidang perikanan budidaya yang diraih oleh Pokdakan Sangkuriang Jaya Agam, di Kecamatan Tilatang Kamang.

Lalu juara I lomba Program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) kategori lomba di bidang penguatan daya saing produk kelautan dan perikanan yang  diraih oleh Forikan Kabupaten Agam.

Dan juara I lomba penyuluh berperan aktif membantu kegiatan DKP Provinsi Sumatra Barat untuk kategori lomba aparatur penyuluh perikanan, diraih oleh Hilda Darwin, penyuluh perikanan Nagari Lubuk Basung dan Nagari Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung.

“Ini kebanggaan bagi kita di Kabupaten Agam, karena di penghujung tahun 2022, kita berhasil meraih 4 juara di 7 kategori yang diperlombakan,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerja sama seluruh jajaran di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam.

Dikatakan, hadiah dan piagam penghargaan serta uang pembinaan bagi pemenang lomba ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, usai upacara Peringatan Hari Nusantara yang digelar di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sumbar, pada Rabu (21/12) lalu.

“Dengan juara I di 4 kategori tersebut, maka Kabupaten Agam akan mewakili Sumbar pada perlombaan dan kategori yang sama di ditingkat Nasional,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Agam Salurkan Bansos Dampak Inflasi untuk 6.546 KPM

Ia berharap, untuk tingkat Nasional nanti, Kabupaten Agam bisa tampil maksimal, sehingga bisa menjadi juara pada perlombaan nanti. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist