Ada Program Studi S1 Biomedis di Fakultas Kedokteran Unand, Begini Masa Depan Lulusannya

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Para calon mahasiswa yang akan masuk Universitas Andalas (Unand) kini punya pilihan Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Biomedis pada Fakultas Kedokteran.

Ketua Jurusan (Kajur) S1 Ilmu Biomedis Universitas Andalas, Dr. Desi Arisanty menjelaskan Prodi S1 Biomedis merupakan Prodi terbaru di Fakultas Kedokteran dan merupakan satu-satunya Prodi Biomedis di Indonesia yang berada di bawah Fakultas Kedokteran.

“Program Studi S1 Biomedis berdiri tahun 2020 dan saat ini sudah mempunyai 2 angkatan mahasiswa (Angkatan 2020 dan 2021) dengan jumlah total 75 orang,” ujar Desi sebagaimana dilansir Padangkita.com dari situs resmi Unand.

Ia menyebutkan, saat ini di Indonesia baru ada 3 Universitas Negeri yang menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana terkait bidang Biomedis. Namun, kata dia, itu semua lebih ke Teknik Biomedis. Sementara, di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, menjadi yang pertama kali murni sains Biomedis.

“Maka perlu bagi kami untuk lebih memperkenalkan Program Studi S1 Biomedis dan menitikberatkan pada memotivasi calon mahasiswa dalam pemilihan jenjang karir mereka nanti,” terang Desi.

Lebih jauh Desi menyampaikan, para lulusan Prodi Biomedis dapat bekerja di berbagai laboratorium kesehatan, laboratorium riset, laboratorium industri, laboratory supervisor, sebagai peneliti, akademisi, dosen bahkan bioenterpreneurship.

“Dengan pesatnya perkembangan ilmu saat ini khususnya di bidang molekuler yang memang terkait erat dengan ilmu biomedis, maka peluang karir di masa depan terbuka lebar,” ujar Desi.

Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kata Desi, di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sudah ada Program Pascasarjana yang linear yaitu S2 Biomedis dan S3 Biomedis.

Untuk menyosialisasikan Prodi Biomes tim Universitas Andalas melakukan roadshow ke beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Padang. Ada lima sekolah yang dikunjungi mulai dari tanggal 7-11 Februari 2022, yakni SMAN 7, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 3 dan SMAN 9.

“Sasaran sosialisasi Program Studi Biomedis adalah murid IPA kelas XII di setiap SMA yang dilakukan dalam bentuk pengayaan pengetahuan tentang ilmu Biomedis dan diskusi interaktif,” ujar Desi.

Baca juga: Mahasiswa Unand Borong Medali Emas dan Penghargaan Lomba Riset Internasional di Undip  

Kepala Sekolah SMAN 3 Ifna Sukmi, menyambut baik sosialisasi Program Studi Biomedis yang masih baru Unand ini. Harapannya, sosialisasi tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk memilih jurusan tersebut. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist