Ada Nasi Ramas dan Ayam Pop di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023

Ada Nasi Ramas dan Ayam Pop di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023

Nasi campur atau nasi 'ramas' dari Padang, Sumatra Barat (Sumbar). [Foto: Dok. PagiKuliner.com]

Jakarta, Padangkita.comMasakan padang, Sumatra Barat (Sumbar) menjadi salah satu menu dalam gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) 2023. 

Juru masak terkenal yang juga juri MasterChef Indonesia, Arnold Poernomo terpilih memimpin tim yang bertugas menentukan menu makanan yang akan dihidangkan pada makan malam yang diadakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno yang berada di Kompleks Stadion GBK Senayan, Rabu (6/9/2023) itu. 

Mengutip InfoPublik, Arnold menjelaskan, menu bagi para kepala negara ASEAN dan tamu itu bertema Nusantara The Forest yang meramu berbagai jenis masakan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Lampiran Gambar
Suasana gala dinner KTT ke-43 ASEAN di di Hutan Kota Gelora Bung Karno yang berada di Kompleks Stadion GBK Senayan, Rabu (6/9/2023) malam. [Foto: Dok. InfoPublik]

Dalam daftar menu disebutkan menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP yang merupakan kepala negara dan pemimpin organisasi internasional adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara, terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).

Sedangkan untuk tamu-tamu VIP disajikan ASEAN Assiette (‘piring’ ASEAN) berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), bebek betutu tart (tarbebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

Kemudian untuk hidangan utama (main course) bagi tamu VVIP berupa daging kecap dari Jawa terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.

Sedangkan menu serupa untuk VIP adalah nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat (Sumbar). Di Padang sendiri dikenal sebagai ‘nasi ramas’, yakni nasi putih yang dihidangkan dengan berbagai lauk pauk.

Kemudian, juga ada rawon dari Jawa Timur. Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.

Untuk menu penutup (dessert) disajikan Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). 

Sedangkan untuk peserta gala dinner yang memilih menu vegetarian, disajikan menu pembuka (appetizer) berupa salad semangka dari Sumatra Utara terdiri dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale. Menu ini khusus bagi tamu-tamu VVIP. Menu penutupnya sama seperti yang nonvegetarian. 

Sedangkan untuk tamu-tamu VIP, menu vegetarian yang disiapkan adalah rujak buah Jawa berisi compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak).

Untuk menu utama versi vegetarian bagi VVIP adalah vichyosse (sup) dari Jawa terdiri dari kentang, kubis brussel, raisin (kismis), cauliflower (bunga kol). Sementara untuk tamu VIP disiapkan nasi campur nusantara dan rawon, seperti pada menu VIP nonvegetarian.

Disiapkan pula menu berisi olahan ikan untuk yang menyukai pescetarian, yakni nasi campur nusantara dan coconut curry (kari santan) yang merupakan masakan Sumatra Barat dan Jawa. Terdiri dari nasi kemangi, gulai seabass, acar timun, jamur saus kelapa, sambal pop, opak, dan minyak daun kari. [*/pkt]

Baca berita Nasional terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Iklan

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Padangkita.com tidak terlibat dalam pembuatan konten ini.

Baca Juga

Berhasil Kendalikan Fluktuasi Harga Kebutuhan Pokok, Andre Rosiade Apresiasi Kemendag
Berhasil Kendalikan Fluktuasi Harga Kebutuhan Pokok, Andre Rosiade Apresiasi Kemendag
Perantau Minang di Palu Bangun Rumah Gadang Senilai Rp3 Miliar
Perantau Minang di Palu Bangun Rumah Gadang Senilai Rp3 Miliar
Mahyeldi Terima Penghargaan Gubernur Berkinerja Sangat Luar Biasa Membangun Daerah Tertinggal
Mahyeldi Terima Penghargaan Gubernur Berkinerja Sangat Luar Biasa Membangun Daerah Tertinggal
Kriminal
Kesal Ditagih Utang, Pria di Dharmasraya Habisi Nyawa Tetangga dengan Sadis
Dua Titik Karhutla Terjadi di Dharmasraya, Polres Selidiki Unsur Kesengajaan
Dua Titik Karhutla Terjadi di Dharmasraya, Polres Selidiki Unsur Kesengajaan
Andre Rosiade Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masjid Baiturrahman Lubuk Begalung Padang
Andre Rosiade Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masjid Baiturrahman Lubuk Begalung Padang