Ada Kontes Durian Unggul di Batu Busuak, Diharapkan Jadi Event Tahunan Kota Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Dinas Pertanian Kota Padang bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) menggelar kontes durian di Batu Busuak, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sabtu (21/8/2021).

Kontes durian ini disambut antusias oleh para peserta atau petani durian yang berasal dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Pauh, Kecamatan Bungus dan Kecamatan Lubuk Kilangan. Di Kota Padang, 3 kelurahan ini memang dikenal sebagai penghasil durian.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan kontes durian ini bertujuan untuk melestarikan varietas unggul buah durian lokal. Di samping itu juga untuk memotivasi petani agar menghasilkan durian yang berkualitas.

“Kita harapkan dengan digelarnya kontes durian ini dapat mencari varietas lokal durian menjadi varietas unggulan,” kata Syahrial Kamat di laman Pemko Padang.

Dalam kontes ini, Dinas Pertanian mendatangkan juri dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Solok.

Durian yang jadi pemenang kontes ini dilihat dari kategori warna kuning, berdaging tebal, rasa manis, berbiji kecil dan tipis.

“Kontes ini dimenangkan petani dari Kecamatan Pauh. Semoga kontes ini bisa memotivasi petani untuk menghasilkan durian unggul dan berkualitas,” ujar Syahrial.

Baca juga: 9 Daerah di Sumbar Ditetapkan Jadi Penghasil Durian, Sejumlah Varietas Unggul Segera Didaftarkan

Ia berharap kontes durian ini bisa menjadi event tahunan Kota Padang ke depannya. Di Kota Padang sendiri, buah durian memang mudah diapat karena banyak yang menjual. Namun, durian yang dijual di Kota Padang sebagian besar berasal dari luar Kota Padang, seperti dari Pesisir Selatan, Padang Pariaman, dan daerah lainnya. (*/pkt)

Terpopuler