Ada Jalur Tahfiz Al-Quran di PPDB SMA SMK Sumbar, Tertarik?

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) membuka jalur tahfiz Al-Quran dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ini.

Ketua PPDB SMA/SMK Sumbar, Suryanto mengatakan, bagi siswa lulusan SMP yang memiliki hafalan Al-Quran, bisa masuk ke SMA/SMK idaman lewat jalur ini.

“Minimal hafalannya dua juz. Semakin banyak semakin bagus,” ujarnya saat ditemui Padangkita.com di Kantor Dinas Pendidikan Sumbar, Selasa (14/6/2022).

Dia menuturkan, jalur tahfiz Al-quran ini merupakan bagian dari jalur prestasi yang dibuka dalam PPDB tahun ini.

Dia menuturkan, siswa yang ingin masuk lewat jalur ini, bisa datang ke SMA/SMK idaman dengan membawa sertifikat tahfiz yang dikeluarkan oleh rumah tahfiz atau lembaga tahfiz sebagai bukti hafalan Al-Quran.

“Nanti akan diuji hafalannya oleh penguji di sekolah tujuan masing-masing,” sebutnya.

Sebagai informasi, jalur prestasi adalah jalur khusus untuk para siswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik.

Siswa dengan prestasi di bidang seni, olahraga, ataupun hafalan Al-Quran bisa masuk sekolah dengan jalur yang satu ini yang bisa dilakukan dengan melampirkan piagam atau sertifikat prestasi.

Baca Juga: Disdik Sumbar Mulai Uji Coba PPDB SMA SMK 2022

Di PPDB SMA SMK Sumbar 2022, Pemprov Sumbar membuka empat jalur. Selain jalur prestasi, jalur lainnya yaitu afirmasi, zonasi, dan perpindahan orang tua. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist