Disdik Sumbar Mulai Uji Coba PPDB SMA SMK 2022

Padang, Padangkita.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatra Barat (Sumbar) menguji coba Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2022.

Ketua PPDB SMA/SMK Sumbar, Suryanto mengatakan, uji coba mulai dilaksanakan sejak Senin (14/6/2022) kemarin. Uji coba bisa dilakukan di laman ppdb.sumbarprov.go.id.

“Uji coba ini digelar hingga pendaftaran PPDB SMA SMK Sumbar dibuka pada Kamis (16/6/2022),” ujarnya saat ditemui Padangkita.com di Kantor Disdik Sumbar, Selasa (14/6/2022).

Dia menuturkan, uji coba ini bertujuan agar masyarakat paham terkait PPDB. Dalam uji coba, masyarakat bisa menginput data ke dalam laman resmi PPDB.

“Datanya seperti nama orang tua, tempat tanggal lahir, NIK, dan sebagainya. Akun untuk masuk ke laman tersebut bisa diperoleh siswa di SMP (atau sederajat) masing-masing,” jelasnya.

Bagi calon peserta didik SMA/SMK yang mengalami kesalahan input data dalam uji coba PPDB, maka bisa mendatangi operator yang ada di SMP masing-masing atau SMA/SMK terdekat dari rumah agar bisa diperbaiki.

“Jadi, bisa langsung diperbaiki,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini, untuk SMA, Disdik Sumbar membuka empat jalur PPDB, yakni jalur zonasi, jalur prestasi, jalur perpindahan orang tua, dan jalur afirmasi.

Baca Juga: Daya Tampung PPDB SMA SMK dan MA di Sumbar 79.868 Kursi

“Sedangkan untuk SMK, tidak ada jalur zonasi. Di SMK, ada jalur prestasi dan afirmasi juga,” ungkapnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist