5 App untuk Mentransfer File Antar Ponsel Android

5 App untuk Mentransfer File Antar Ponsel Android

Ilustrasi. [Foto: Istimewa]

Padangkita.com - Jika Anda baru saja membeli sebuah ponsel Android baru dan ingin memindahkan data dari ponsel Android Anda yang lama, maka aplikasi transfer file adalah solusi jitu. Penggunaan aplikasi untuk mentransfer file ini dianggap sebagai cara paling cepat, mudah, dan pastinya gratis. 

Dan menariknya saat ini, terdapat sekitar puluhan hingga ratusan app yang bisa Anda pilih di Google Play untuk membantu Anda memindahkan file dari satu ponsel Android ke ponsel Android yang lain. Namun sebelumnya Anda dapat mengunduh Google Play Store terlebih dahulu melalui APK, di mana  proses unduhan APK Playstore ini akan selesai dalam hitungan detik saja. 

Berikut ini adalah 5 app untuk mentransfer file antar ponsel Android yang dapat Anda pertimbangkan sekarang juga:

1. Xender

    Xender adalah sebuah pilihan menarik yang ramah pengguna bagi para pengguna Android untuk melakukan transfer data dari Android ke Android. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan gawai melalui sebuah hotspot, dan ini tidak memerlukan sambungan kabel atau data apapun untuk mentransfer file dari semua tipe. Ya, Xender memungkinkan para penggunanya untuk mentransfer gambar, video, gim, daftar kontak, dan banyak lagi.

    Tidak hanya itu, Xender juga mengizinkan penggunanya untuk menyambungkan empat gawai berbeda pada waktu yang bersamaan. Anda juga bahkan bisa mentransfer data ke platform yang berbeda seperti iOS dan Windows tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan. Aplikasi ini dapat membagikan file dengan kecepatan 40 MB per detik tanpa ada batasan dalam mentransfer file berukuran besar.

    2. SHAREit

      App selanjutnya yang layak Anda pertimbangkan adalah SHAREit. Ya, app ini dinilai sebagai salah satu aplikasi terbaik dan terfavorit untuk melakukan transfer data dari Android ke Android. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memiliki app ini pada kedua gawai yang file-nya akan Anda transfer. Gawai perlu disambungkan melalui jaringan Wi-Fi dan begitu selesai dilakukan, Anda akan melihat file yang bisa Anda pindahkan.

      File dari tipe manapun seperti film, lagu, dokumen, gambar dan banyak lagi bisa Anda transfer dengan menggunakan SHAREit. Jika Anda ingin menginstal app ini dengan cepat dan mudah, maka Anda dapat menggunakan installer  di situs resmi mereka. Dan dengan app ini, Anda dapat mentransfer file dengan kecepatan hingga 20 Mb per detik. 

      3. Send Anywhere

        App yang bernama Send Anywhere akan mengizinkan penggunanya untuk mentransfer data atau file dari ponsel Android ke Android dengan enkripsi kuat 256-bit. Itulah mengapa banyak pengguna yang memilih app ini. Selain itu, app ini juga bersifat lintas platform dan dinilai cukup aman yang memungkinkan Anda mentransfer data dengan memasukkan kode khusus 6 digit atau dengan memindai kode QR untuk menyambungkan. 

        Menariknya, app ini juga memiliki penyimpanan cloud di mana data atau file dapat disimpan dan lalu dibagikan dengan gawai apapun. Jika Anda mau, maka Anda juga bisa menginstal Send Anywhere Plus untuk mentransfer data hingga 50 GB pada satu waktu sekaligus.

        4. AirDroid

          Direkomendasikan oleh banyak situs web teknologi, AirDroid dianggap sebagai salah satu app terbaik untuk mentransfer data dengan kecepatan yang bagus dan pada jaringan yang berbeda. AirDroid mengizinkan Anda mentransfer file dan folder dari satu ponsel Android ke yang lain, yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol gawai Android mereka secara nirkabel dengan menggunakan komputer mereka dan mentransfer file antara komputer dan ponsel Android.

          Kelebihan AirDroid lainnya adalah pengguna dapat melakukan pencadangan (back up) pada file mereka dari ponsel ke komputer saat membagikan clipboard antara dua perangkat itu.

          5. Zapya

            Zapya bisa jadi opsi menarik untuk mentransfer file Anda dari satu ponsel Android ke ponsel Android lainnya. Tidak hanya itu, app ini juga bersifat lintas platform yang memungkinkan transfer data antar Android, iOS, Windows, MAC dan lain sebagainya. 

            Dengan menggunakan app ini, Anda dapat menyambungkan empat gawai sekaligus dan mentransfer file dari semua format dengan menggunakan sebuah kode QR. Selain itu, Zapya juga dibekali dengan fitur pesan instan  yang memungkinkan penggunanya untuk mengobrol dan berbagi konten streaming dengan grup teman terdekat.

            Baca Juga

            Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi Di Ponsel dan PC Anda?
            Alamat IP: Apa Itu dan Bagaimana Menemukan Alamat IP Anda?
            XL Axiata dan CATCHPLAY+ Jalin Kerja Sama Hadirkan Konten Premium Tanpa Hambatan
            XL Axiata dan CATCHPLAY+ Jalin Kerja Sama Hadirkan Konten Premium Tanpa Hambatan
            Aplikasi TRACtoGo Mempermudah Proses Rental Mobil untuk Mobilitas yang Efisien
            Aplikasi TRACtoGo Mempermudah Proses Rental Mobil untuk Mobilitas yang Efisien
            Ini 13 Layanan yang Bisa Masyarakat Akses Lewat Super Apps Polri
            Ini 13 Layanan yang Bisa Masyarakat Akses Lewat Super Apps Polri
            berita viral terbaru: WhatsApp disadap
            Cara Menggunakan GBWhatsApp di PC / Laptop
            Aplikasi 'Pessel Dalam Genggaman' Diluncurkan 
            Aplikasi 'Pessel Dalam Genggaman' Diluncurkan