Indra Catri akan Implementasikan Program Agam Menyemai untuk Sumbar

Berita Pilkada Sumbar: pilkada sumbar, berita sumbar terbaru, Indra catri pilgub sumbar, berita sumbar terbaru

Calon Wakil Gubernur nomor urut 2 Indra Catri bersilaturrahmi dengan warga di Jorong Galagah Tangah Kuning, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Rabu (18/11/2020). [Foto: Ist]

Arosuka, Padangkita.com — Indra Catri akan mewujudkan Program Agam Menyemai di Sumatra Barat (Sumbar) jika menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020. Ia mengatakan, di Agam program itu sudah terbukti mampu membantu ketahanan pangan keluarga.

“Program Agam Menyemai juga cocok diimplementasikan di Sumbar karena daerah ini memiliki tanah yang subur,” katanya ketika berdiskusi dengan masyarakat Kabupaten Solok, Rabu (14/11/2020).

Indra Catri menjelaskan, ia merancang Program Agam Menyemai untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola hasil ladang yang akan dijual dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan menggunakan slogan “Nan di laman untuak dimakan, nan di parak baok ka pakan”, program ini berusaha menggenjot produksi sawah, ladang, dan kebun masyarakat tanpa melupakan untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah.

“Jadi, kebutuhan sehari-hari, seperti kunyit, jahe, bawang, cabai, tidak lagi dibeli,” ujarnya.

Baca juga: Bagikan Masker di Pasar Lasi Agam, Indra Catri Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Jika ketahanan pangan baik, kata Indra Catri, hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera. Strategi ini merupakan salah satu langkah agar ketahanan pangan di provinsi ini terwujud.

“Ini juga sejalan dengan visi-misi Nasrul Abit-Indra Catri yang memprioritaskan sektor pertanian,” tuturnya.

Dalam program Nasrul Abit-Indra Catri terdapat program menghidupkan kembali lahan tidur. Hal itu dilakukan untuk mencapai swasembada pangan di Sumbar. Untuk mencapai swasembada pangan, produksi padi per tahun setidaknya 3 juta ton, sedangkan kebutuhan Sumbar sekitar 1,2 ton.

“Meningkatkan luas lahan produktif dengan mengoptimalisasikan lahan tidur dan telantar, rehabilitasi dan juga menjadi ketersediaan pupuk subsidi sampai ke tangan petani,” ucap Indra Catri. [fru/pkt]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Baca Juga

Fadly Amran Siap Maju Pilkada Sumbar 2024, Tegaskan Gerakan Perubahan Bukan Sekadar Tagline
Fadly Amran Siap Maju Pilkada Sumbar 2024, Tegaskan Gerakan Perubahan Bukan Sekadar Tagline
Berita Kabupaten Solok hari ini dan berita Sumbar hari ini: MK menolak permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilbup Solok.
Besok, MK Bacakan Putusan Soal Nasib 2 Sengketa Pilgub Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru: Perolehan suara pasangan Mahyeldi-Audy disebut tidak sah karena langgar aturan.
Hari Ini, MK Gelar Sidang Lanjutan 7 Perkara Pilkada Sumbar, Ini Jadwalnya
Padangkita.com: Pelangaran Pilgub Sumbar, Berita sumbar terbaru, berita padang pariaman terbaru, Suhatri Bur-Rahmang, pilkada padang pariaman
Putusan DKPP Soal Dugaan Pelanggaran Kode Etik Komisioner KPU dan Bawaslu Bukittinggi serta Kabupaten Dharmasraya
Berita Sumatra Barat Terbaru. Berita Pilkada Sumbar 2020. KPU Sumbar Cagub Independen. Pemilihan Gubernur Sumbar 2020. Baca Padangkita.com
Sengketa Hasil Pilkada Pilgub Sumbar dan 5 Pilbup Teregistrasi di MK, Sidang Perdana 26 Januari
Padangkita.com: Mulyadi Calon Gubernur Sumbar, Pilgub Sumbar 2020, Tersangka,
Mulyadi-Ali Mukhni Minta Pemungutan Suara Ulang di Semua TPS