9 Warga Pasbar Positif Covid-19 Hari Ini, 1 Orang Meninggal Dunia

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali bertambah, Sabtu (16/1/2021). Berdasarkan laporan dari gugus tugas Covid-19 Pasbar, sembilan warga terkonfirmasi Covid-19, sehingga totalnya sebanyak 478 kasus.

Selain itu, satu orang dilaporkan meninggal dunia, sehingga totalnya mencapai 31 orang. Pasien sembuh 412 orang dan yang masih menjalani isolasi atau perawatan sebanyak 35 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pasbar, Gina Alecia kepada wartawan mengatakan pihaknya saat ini telah melakukan langkah cepat proses tracking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat.

“Tentu dalam hal ini kita juga berharap kerjasama dari seluruh pihak, terutama masyarakat untuk lebih disiplin dan waspada dalam menerapkan protokol kesehatan,” katanya di Simpang Empat, Sabtu.

Ia menambahkan pertambahan jumlah pasien positif Covid-19 tersebut berdasarkan informasi dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

Sembilan orang ini, kata Gina, melakukan tes swab di beberapa tempat, diantaranya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasbar pada tanggal 15 Januari 2021 kemarin.

Dari hasil tes didapatkan tiga orang terkonfirmasi positif yakni perempuan inisial AM, 22 tahun, laki-laki inisial AS, 15 tahun dan perempuan inisial AF, 15 tahun yang merupakan warga Jorong Katimaha, Kecamatan Pasaman yang kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

Berikutnya dari hasil tes swab yang dilaksanakan di Puskesmas Parit, Kecamatan Koto Balingka pada 14 Januari 2021 kemarin, didapatkan lima orang positif Covid-19.

Kelimanya adalah laki-laki inisial BT, 43 tahun warga Air Balam, Kecamatan Koto Balingka yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diduga kontak dengan kasus positif sebelumnya dan laki-laki inisial NW, 28 tahun warga Jorong Setia Baru, Kecamatan Koto Balingka yang juga OTG dan diduga kontak dengan kasus positif.

Kemudian, perempuan inisial I, 53 tahun dan perempuan inisial E, 48 tahun warga Jorong Silawai Tengah, Kecamatan Sungai Beremas, serta laki-laki inisial E, 49 tahun warga Jorong Bunga Tanjung, Kecamatan Sungai Beremas yang ketiganya adalah OTG dan diduga kontak dengan kasus positif.

Sementara itu, kata Gina, satu orang pasien lagi adalah laki-laki inisial I, 38 tahun yang merupakan warga Kampung Kurai, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali yang merupakan pasien suspek Covid-19 dan tengah dirawat di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi.

“Pasien ini melakukan tes swab pada tanggal 15 Januari 2021 kemarin dan saat ini telah mendapat perawatan di Rumah Sakit tersebut,” ujar Gina Alecia.

Sedangkan delapan orang pasien lainnya saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasbar dan rencananya akan diisolasi di RSUD dan UPT Diklat BKPSDM Talu.

Selain itu, Satu orang pasien positif Covid-19 yang sebelumnya dirawat di RSUD Pasbar dinyatakan meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (16/1/2021) sekitar pukul 07.00 WIB tadi pagi.

“Pasien itu adalah laki-laki inisial NS, 91 tahun warga Jorong Sidodadi, Kecamatan Kinali dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Pasaman Barat Terus Bertambah, Kini Jadi 469 Orang

Untuk mencegah penularan Covid-19, Gina mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. [abe]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist