75 Paket Ganja Dijemput ke Aceh, Polisi Buru 1 Kurir lagi yang Kabur ke Rumah Pacarnya

Penulis: Redaksi

Arosuka, Padangkita.com – Polres Solok menggelar jumpa pers tentang update atau perkembangan kasus puluhan kilogram ganja yang sebelumnya telah berhasil diamankan.    

Dalam jumpa pers di Mapolres Kota Solok, Selasa (2/8/2022) itu, juga dihadirkan seorang tersangka. Dia adalah kurir ganja tersebut, yang sebelumnya sempat kabur dari kejaran polisi.

Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo menyebutkan, pelarian kurir ganja berinisial ADV, 28 tahun, itu sebetulnya telah berakhir Senin (1/8/2022),  di kawasan dekat SPBU Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Waktu itu, kata Apri Wibowo, ADV tengah menunggu mobil travel untuk kabur ke Dharmasraya. Namun, rencana itu gagal total karena keburu diciduk tim Satresnarkoba Polres Solok yang memang tengah memburunya.

Penampakan 75 paket ganja yang berhasil diamankan Tim Spider Polres Solok. [Foto: Dok.Humas Polres Solok]

Pelaku yang tercatat sebagai warga Jorong Sawah Suduik, Nagari Selayo, Kabupaten Solok itu berencana melarikan diri ke daerah Kabupaten Dharmasraya.

“Dari informasi yang diperoleh dari masyarakat, pelaku diinformasikan akan kabur ke Dharmasraya, dan langsung dilakukan penangkapan oleh anggota di daerah Saok Laweh,” kata Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo.

AKB Apri Wibowo menerangkan, pelaku berjumlah dua orang. Rekan ADV yang berinisial K, 22 tahun, masih dalam pengejaran petugas.

Informasinya, kata Apri, pelaku yang juga warga Sawah Suduik Selayo, Kabupaten Solok itu kabur ke rumah pacarnya di Padang Panjang.

Menurut Apri, kedua pelaku hanya berperan sebagai kurir yang menjemput ganja tersebut dari Aceh lalu mengantarkan ke Sumatra Barat (Sumbar).

“Kedua pelaku berperan menjemput narkoba jenis ganja tersebut langsung ke daerah Aceh,” terangnya.

Namun demikian, AKBP Apri Wibowo belum mengungkap siapa bandar besar pemesan puluhan paket ganja tersebut.

Sebelumnya, Tim Spider Polres Solok mengamankan 75 paket (sebelumnya disebut ratusan kilogram) ganja. Ganja dalam paketan yang dimasukkan ke dalam karung goni tersebut diamankan oleh petugas pada Minggu (31/7/2022).

Sebanyak dua karung paket ganja sempat dibuang oleh kedua pelaku ke sungai. Sementara satu karung masih tertinggal dalam mobil. Saat penyergapan oleh petugas, kedua pelaku sempat kabur.

Baca juga: Terdesak Dikejar Polisi, Puluhan Kilogram Ganja Dibuang Dekat Sungai di Selayo Solok

“Total semuanya ada 75 paket ganja. Kemudian kita juga mengamankan sebuah mobil Toyota Avanza yang digunakan oleh kedua pelaku untuk mengakut ganja,” kata Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist